PLN Pastikan Pasokan Listrik untuk Warga dan Pengungsi Aman Pascaerupsi Semeru

Petugas PLN saat bertugas mengerjakan jaringan listrik.
Sumber :
  • Dok. PLN

VIVA Bisnis – PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik di wilayah terdampak bencana erupsi Gunung Semeru aman termasuk di seluruh posko pengungsian.

PLN Bakal Sulap 2.000 Tiang Listrik Jadi SPKLU Kendaraan Listrik

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Lasiran mengatakan, PLN juga telah mendirikan posko kelistrikan dengan dilengkapi puluhan petugas dan peralatan kerja yang siap siaga di lokasi terdampak.

"PLN menjaga keandalan suplai listrik di 14 posko pengungsian warga terdampak erupsi Semeru, yang tersebar di wilayah Candipuro dan Pronojiwo Jawa Timur," kata Lasiran dalam keterangannya, Rabu 7 Desember 2022.

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu, 4 Desember 2022

Photo :
  • AP Photo

Dia menambahkan, selain suplai listrik yang dijaga keandalannya, PLN juga mempersiapkan genset untuk cadangan keperluan publik yang mendesak.

Krisis Energi, Presiden Ekuador Umumkan Keadaan Darurat

Pada Selasa 6 Desember 2022 kemarin, PLN juga telah berhasil memulihkan 120 gardu distribusi dari 121 gardu yang terdampak, sehingga pasokan listrik untuk 29.945 pelanggan sudah kembali normal.

"Bertahap sejak 4 Desember, kami juga terus menyalurkan bantuan seperti makanan siap saji, beras, makanan ringan, food truck, kamar mandi portable, layanan kesehatan dan ambulance," kata Lasiran.

"Kami juga sudah mendirikan posko kelistrikan untuk siap siaga di lokasi terdampak," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, juga sempat mengapresiasi gerak cepat PLN untuk memulihkan pasokan listrik para pengungsi.

“PLN sudah 100 persen menyelesaikan tugasnya, terima kasih sekali karena listrik merupakan hal yang sangat penting, banyak kegiatan masyarakat yang harus di-support oleh listrik,” ujar Khofifah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya