Gandeng 5 Bank, ATM Berlogo PRIMA Bakal Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu

Ilustrasi transaksi di ATM
Sumber :
  • www.pixabay.com/mrganso

VIVA Bisnis – PT Rintis Sejahtera yang merupakan jaringan PRIMA, melakukan kerja sama bersama lima bank untuk layanan cardless cash withdrawal atau tarik tunai tanpa kartu antar bank.

Ekonom Proyeksikan BI Bakal Kembali Tahan Suku Bunga Acuan 6 Persen

Wakil Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Adi Sulistyowati mengatakan bahwa kelima bank tersebut diantaranya PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank CIMB Tbk (CIMB Niaga). Kedua bank tersebut sebagai acquirer.

Kemudian PT Bank Multiarta Sentosa Tbk (Multiarta Sentosa), PT Bank DKI (Bank DKI), serta PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) sebagai issuer.

Airlangga Tegaskan Tak Hanya Rupiah yang Melemah, Won hingga Bath Juga Ambruk

Ilustrasi transaksi di ATM

Photo :
  • www.pixabay.com/jarmoluk

"Melalui komitmen tersebut maka nasabah bank DKI, nasabah Bank Danamon, dan nasabah Bank Multiarta Sentosa nantinya dapat melakukan tarik tunai tanpa kartu di ATM Bank BNI dan ATM Bank CIMB Niaga berlogo PRIMA di seluruh Indonesia," kara Adi dalam Peresmian layanan tarik tunai tanpa kartu mitra Jaringan PRIMA, Rabu, 7 Desember 2022.

BCA Himpun DPK Rp 1.121 Triliun hingga Kuartal I-2024, Naik 7,9 Persen

Adi menjelaskan, transaksi tarik tunai tanpa kartu antar bank selain mudah, juga dapat mengurangi risiko kartu ATM atau debit tertelan atau hilang.

“Selain itu, nasabah juga dapat terhindar dari penipuan karena layanan ini hanya bisa digunakan untuk tarik tunai dari mobile banking milik nasabah," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank DKI, Fidri Arnaldy mengapresiasi atas kerja sama yang telah terjalin antara Bank DKI dan Jaringan PRIMA dalam pemanfaatan layanan tarik tunai tanpa kartu di ATM Bank BNI dan ATM Bank CIMB Niaga berlogo PRIMA.

“Kerja sama layanan cardless cash withdrawal melalui jaringan PRIMA, yang diakses melalui fitur mobile cash pada aplikasi JakOne Mobile Bank DKI ini merupakan perwujudan transformasi digital yang saat ini sedang dilakukan oleh Bank DKI. Ini adalah langkah konkret dan adaptif kami (Bank DKI) dalam memenuhi kebutuhan dan perubahan pola perilaku nasabah yang semakin bergerak ke arah digital,” ujarnya.

Ilustrasi transaksi di ATM

Photo :
  • www.pixabay.com/jarmoluk

Adapun Presiden Direktur PT Rintis Sejahtera, Iwan Setiawan berharap agar kerja sama tersebut dapat memberikan manfaat bagi seluruh nasabah Mitra Bank Jaringan PRIMA dalam bertransaksi keuangan secara mudah, cepat dan aman.

Terlebih saat ini terjadi kelangkaan chip card yang notabene merupakan komponen penting dalam pembuatan kartu ATM. Dengan demikian, layanan Cardless Cash Withdrawal diharapkan menjadi solusi bagi mitra bank.

“Terdapat 19 mitra bank lain yang saat ini sedang dalam tahap development layanan cardless cash withdrawal melalui Jaringan PRIMA.” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya