Mendag Targetkan Nilai Transaksi Harbolnas 2022 Tembus Rp 27 Triliun

Mendag Zulkifli Hasan saat Kick Off Harbolnas 2022 di kantor Kemendag.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Menteri Perdagangan (MendagZulkifli Hasan menargetkan, nilai transaksi di Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 2022 sebesar Rp 27 triliun. Target tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang ada di angka Rp 8,1 triliun. 

Mendag Sebut Revisi Kebijakan Impor Rampung Pekan Ini, Simak Ketentuannya

Peringatan Harbolnas diketahui dilaksanakan mulai 10 Desember hingga 12 Desember 2022. Tercatat sebanyak 108 e-commerce berpartisipasi pada kegiatan tersebut. 

"Ya kalau naik 50 persen tahun ini harusnya bisa Rp 27 triliun," kata Zulhas di Kantor Kementerian Perdagangan, Kamis 8 Desember 2022. 

Peringati Hari Konsumen Nasional, Mendag Zulhas: Pengusaha Curang Membunuh Usahanya Sendiri

Ilustrasi Harbolnas.

Photo :
  • Istimewa

Zulhas mengatakan, pada Harbolas ini Kementerian Perdagangan menargetkan peningkatan penjualan produk lokal di kisaran Rp 12 triliun hingga Rp 13 triliun. Itu meningkat dibandingkan tahun 2021 yang sebesar Rp 8,5 triliun. 

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

"Produk lokal (terget) naik 50 persen Rp 12 triliun hingga Rp 13 triliun lah kira-kira proyeksinya, dan bisa. Asal ada yang menarik aja apa diskon apa-apa gtu," jelasnya. 

Zulhas menyebutkan, saat ini produk di dalam negeri lebih di dominasi oleh produk lokal di bandingkan dengan impor. Pun, dia mengimbau kepada masyarakat untuk membeli barang dalam negeri. 

"Kita juga imbau kalau belanja yang lokal saja deh. Kan sama saja, sepatu yang lokal juga bagus, baju muslim, kerudung bagus juga, kecuali kita enggak bisa," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya