Sri Mulyani Ungkap Alasan Jokowi Jor-Joran Bangun Infrastruktur di Luar Jawa

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

VIVA Bisnis – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, salah satu pekerjaan rumah bagi Pemerintah saat ini adalah menciptakan pembangunan yang lebih merata di berbagai wilayah Indonesia.

Budi Arie Sebut Hak PDIP Nyatakan Jokowi-Gibran Bukan Kader Lagi

Karena menurutnya, daerah-daerah di luar Pulau Jawa saat ini juga menjadi sedemikian penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Sehingga, Presiden Jokowi pun telah membuka berbagai peluang investasi di bidang infrastruktur karenanya. 

"Karena infrastruktur juga merupakan hal yang menjadi prakondisi untuk merangsang pertumbuhan ekonomi, khususnya di luar Jakarta dan di luar Jawa," kata Sri Mulyani dalam telekonferensi di workshop 'Recycling and Management of State Assets', Kamis 8 Desember 2022.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Presiden Jokowi tinjau pembangunan infrastruktur di IKN

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Hal itulah yang menjadi latar belakang kenapa Pemerintahan Jokowi selalu memacu pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah di Indonesia.

Di Amerika Serikat, Sri Mulyani Bertemu CEO MCC Bahas Transportasi Publik di RI

"Kami membangun infrastruktur yang signifikan di luar Pulau Jawa, tetapi yang di dalam Pulau Jawa kami juga telah menyelesaikan berbagai macam infrastruktur yang ada," ujarnya.

Menkeu menegaskan, komitmen seperti itu tentu saja tidak hanya memerlukan pembiayaan dan anggaran dari kas negara, tapi juga kontribusi keuangan dari sektor swasta. Karenanya, dari sejak awal strateginya adalah untuk melakukan pembangunan yang lebih merata, baik di luar Pulau Jawa dan di luar Jakarta.

Dia mengatakan, Pemerintah memiliki misi khusus untuk bekerja dengan perusahaan-perusahaan, termasuk juga untuk pembangunan infrastruktur. Hal itu dikombinasikan dengan instrumen-instrumen yang dimiliki pemerintah, untuk menarik sektor swasta bagi tercapainya sasaran pembangunan tersebut.

Presiden Jokowi tinjau pembangunan infrastruktur IKN

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

"Baru-baru ini kami juga menetapkan misi khusus seperti Indonesia Investment Authority (INA), yang berupaya untuk meningkatkan peluang-peluang yang ada guna menjalin kerja sama dengan berbagai investment fund dengan memberikan jaminan," kata Menkeu.

"Pada saat yang sama, kami juga menjalin berbagai kolaborasi yang efektif, yang kemudian dapat diwujudkan untuk menarik investasi yang konkret," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya