Taspen Ingatkan Mitra Kerja Jangan Coba-coba Gratifikasi hingga Korupsi

Menara Taspen (Arthaloka Building)
Sumber :
  • vivanews/Andry

VIVA Bisnis – PT Taspen menegaskan, akan terus menerapkan prinsip antikorupsi dalam seluruh langkah bisnis. Hal itu sebagai salah satu komitmen perusahaan dalam menggenjot kinerja. 

Ini Sosok Artis dan Pendakwah Berinisial D yang Terlibat Kasus Korupsi Suami Sandra Dewi

Saat ini Taspen berkolaborasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong prinsip anti gratifikasi dan sistem manajemen anti penyuapan kepada seluruh rekan bisnis Taspen.

Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Taspen Diyantini Soesilowati mengatakan, mengatakan, pihaknya secara aktif melakukan pembaharuan kebijakan terkait gratifikasi. Yang saat ini telah tersertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan. 

Kasus Flexing, Eks Kepala Bea Cukai DIY Eko Darmanto Bakal Didakwa Terima Gratifikasi Rp10 Miliar

"Untuk mengoptimalkan implementasi prinsip antikorupsi, Taspen meminta dukungan komitmen dari mitra kerja Taspen dengan turut memahami ketentuan gratifikasi," ujar Diyantini dikutip dari keterangannya, Jumat, 9 Desember 2022.

Direktur Utama Taspen A N S Kosasih

Photo :
  • Dokumentasi Taspen.
Kejar Target Pembangunan, Pekerja Proyek IKN Mudik Diantar Pakai Hercules

Dia pun meminta, para mitra kerja melaporkan segala bentuk perbuatan yang terindikasi gratifikasi/ penyuapan/ pemerasan di lingkungan Taspen melalui sistem
Whistleblowing TASPEN. 

"Ke depan, kami berharap implementasi prinsip antikorupsi dapat meningkatkan integritas TASPEN sebagai BUMN yang melayani Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan ASN,” tegasnya.

Sebanyak 250 orang peserta berasal dari berbagai perusahaan rekan bisnis, mulai dari rekanan, mitra bayar, mitra kerja investasi, dan merchant Taspen turut menjadi peserta dalam kegiatan Sosialisasi Anti Gratifikasi dan Sistem Manajemen Anti Penyuapan yang digelar Taspen dan KPK.

Dia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran semua pihak tentang prinsip antikorupsi. Sehingga Taspen semakin terpercaya dan andal dalam mengelola bisnis dan melayani peserta.

Ilustrasi barang bukti kasus korupsi

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Group Head Direktorat Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK, Sugiarto mengatakan hal senada. Dia pun mewanti-wanti rekan bisnis TASPEN untuk tidak menggoda pihak Taspen dan gratifikasi. 

"Ketiga, saya mengapresiasi upaya TASPEN untuk meningkatkan  pengetahuan perihal gratifikasi para rekan bisnis, sehingga tidak menjadi korban maupun pelaku dalam tindak pidana korupsi,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya