Holding PTPN Targetkan Akhir Tahun Ini 286 Mitra Binaan Go Online

Dirut Holding PTPN III M Abdul Ghani bersama Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dokumentasi PTPN.

VIVA Bisnis – Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani, mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendorong pemberdayaan usaha mikro dan usaha kecil (UMK). Salah satunya dengan memperkuat mitra binaan

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Dia menjabarkan, hal itu dilakukan melalui berbagai program. Seperti bantuan modal usaha, pembinaan pengembangan usaha, perluasan pangsa pasar lewat pameran, hingga pelatihan go digital.

“Hal itu merupakan bentuk sinergi kami dengan UKM agar mereka dapat tumbuh dan berkembang, serta memperluas pasar,” ujarnya di Jakarta, dikutip dari keterangannya, Jumat, 9 Desember 2022.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Abdul Ghani mengatakan, saat ini PTPN Group memiliki 104 Mitra Binaan UMK. Dari jumlah tersebut, 32 mitra binaan di antaranya telah berhasil ‘naik kelas’ dengan go online.

Pekerja memanen daun teh di kebun milik PTPN VIII, Desa Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

“Kami menargetkan, hingga akhir tahun 2022, mitra binaan kita yang bisa go online bisa mencapai 286 mitra binaan,” ujarnya.

Lebih lanjut Abdul Ghani memastikani, pihaknya akan konsisten memberdayakan mitra binaan UMKM guna mendukung upaya pemerintah menjaga ketahanan ekonomi nasional. Hal itu, sejalan dengan salah satu pilar program di BUMN.

“Jumlah UMKM yang sudah mencapai sekitar 64,2 juta, memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, serta mampu menyerap sebagian besar tenaga kerja nasional,” ujarnya.

Ilustrasi UMKM go digital.

Photo :
  • The Financial Express

Sebagai informasi, adanya forum kemitraan UKM/IKM merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo untuk mendorong UMKM naik kelas. Sekaligus, mengintegrasikan para pelaku usaha kecil ke dalam rantai pasok BUMN atau usaha besar.

Pada forum kemitraan tersebut, terdapat 630 pelaku UKM/IKM yang langsung berinteraksi dan melakukan penjajakan kerja sama atau konsultasi dengan 17 perusahaan BUMN/usaha besar, salah satunya PTPN III (Persero). Dengan menghadirkan dua kelompok mitra binaan yang bergerak di bidang usaha alat pertanian milik salah satu anak perusahaan, yakni Mola Maju Basamo dari Desa Rumbio Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya