Ekonomi Diramal 'Gelap' 2023, Sandiaga Uno Ungkap Cara Agar UMKM Jadi Penerang

OK OCE.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA Bisnis – Founder OK OCE yang juga Menparekraf RI, Sandiaga Uno bersyukur, gerakan sosial ekonomi OK OCE telah memasuki perjalanan ke 6 tahun. Dia pun mengapreasiasi bahwa OK OCE telah memiliki pengenalan di masyarakat Indonesia di atas 66 persen.

Kenaikan Tarif Cukai Disarankan Moderat Menyesuaikan Inflasi agar Tidak Suburkan Rokok Ilegal

“Jadi OK OCE sudah dikenal dari Sabang sampai Merauke. Jadi tantangan kita adalah mempertahankan brand yang sudah ternama ini untuk aktivitas perdagangan atau wirausaha kita sehari-hari,” ungkap Sandi, saat Launching Pasar dan Ulang Tahun OK OCE, Naraya Rawamangun, Jakarta, dikutip dari keterangannya, Selasa, 13 Desember 2022.

Dalam kesempatan itu, Sandi juga memberikan tipsnya agar pelaku UMKM khususnya di OK OCE melaksanakan 3G, yaitu Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), Gaspol (Gapai Semua Potensi Lapangan Kerja). Hal itu disampaikan dia di depan anak milenial dari Magang Merdeka, yang merupakan mitra OK OCE. 

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

“Kita juga mendorong anak-anak muda, seperti Magang Merdeka. Karena 70 persen ekonomi kita akan didorong anak-anak muda yang masuk ke usia produktif,” tambahnya.

Menparekraf Sandiaga Uno.

Photo :
  • Istimewa.
Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Sandi menceritakan, Elon musk pernah menggambarkan bahwa kebiasaan yang bikin beliau sukses adalah rasa ingin tahu yang tinggi. Hal inilah yang menjadikan beliau membuat Tesla, Spacex hingga Twitter.

“Teman-teman jangan pernah berhenti berimajinasi karena dengan kita kreatif akan menemukan hal yg baru untuk kehidupan kita. Hilangkan sekat diantara kita, ciptakan kolaborasi agar OK OCE terus kompak dan berkembang,” tegasnya.

Lebih lanjut, Sandi berpesan ke depannya,  OK OCE terus menekankan inovasi, adaptif dan kolaborasi. Dia pun mengingat pesan dari Presiden AS Joe Biden.

“Saya merinding saat disalami Presiden Amerika Joe Biden, beliau berbicara bahwa indonesia memiliki Sumber Daya Alam, memiliki negeri yang indah, dan masyarakat yang ramah. Dan terakhir indonesia memiliki posisi kepemimpinan yang sangat megah,” tambahnya.

Dalam peningkatan ekonomi tersebut, Indivara bersama OK OCE me-launching Aplikasi Pasar OK OCE, yang mana anggota UMKM bisa meningkatkan pendapatannya melalui pembelian bahan baku.

Indra Uno, yang juga hadir memberikan sambutannya pada kegiatan tersebut mengapresiasi dengan hadirnya Pasar OK OCE. Kolaborasi dalam meningkatkan penciptaan lapangan kerja.

Ketua Umum OK OCE, Lim Rusyamsi yang turut hadir mengatakan, “Saya harap lewat Pasar OK OCE bisa jadi jalur silaturahmi para penggerak OK OCE yang ujungnya diharapkan dapat memperlancar rezeki,” ungkapnya.

Sementara Group CEO Indivara Grup Jusuf Syariffudin mengatakan, visi misi OK OCE menyentuh hati saya, maka dari itu saya senang kerja sama dengan OK OCE sekaligus sebuah kehormatan.Semoga kita semua penggerak dan UMKM bisa lebih bisa meraih keuntungan,” ungkapnya.

Calon wakil Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri acara buka puasa bersama para pegiat OK OCE Indonesia di kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis 30 Mei 2019.

Photo :
  • VIVA/Ridho Permana

Jusuf juga menambahkan, UMKM memang sedikit tidak melek digital, maka dari itu perlu penambahan sumber daya manusia yang milenial yang memiliki andil besar membantu para UMKM untuk melek digital dengan menjadikan usahanya banyak secara online.

Jusuf pun mengingatkan, secara garis besar 2023 akan lebih sulit, akan tetapi hal itu harus kita harus hadapi. Indivara group ditegasknya sudah mendampingi UMKM, bahkan hingga naik kelas yang tadinya rata-rata seluruh keuntungan UMKM Rp 200 juta per bulan menjadi Rp 1,9 miliar per bulan.

“Jika kita masuk 2023, namun kita tidak beruntung di moment perang, inflasi tinggi saya rasa kita perlu melakukan pendampingan dan edukasi agar para UMKM agar memiliki modal usaha maupun infrastruktur yang kokoh,” tambahnya.

Launching-nya Pasar OK OCE juga dapat mendata bagaimana pergerakan atau progres dari hasil yang UMKM jual dalam aplikasi. Selain itu juga UMKM juga akan diberikan akses pendanaaan, serta jumlah konsumen yang membeli.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Sandinomics, Alex Yahya Datuk menambahkan di beberapa negara di dunia mengalami inflasi yang tinggi. Namun, inflasi di Indonesia per November 2022 cenderung stabil.

“Per tahun ini surplus perdagangan nasional termasuk yang paling besar dibanding tahun sebelumnya. Hal tersebut berdasarkan data. Namun anything can happen, semua bisa terjadi begitu saja (inflasi 2023). Maka dari itu kita tidak boleh terlalu kendor dalam memahami kondisi perdagangan nasional,” ujarnya.

Di tengah perbincangan kegelapan ekonomi dunia, indonesia merupakan titik terang atau berpotensi untuk Survive.

Alex menambahkan, para perintis usaha ataupun pengusaha yang mau bertahan yaitu mengikuti training atau kegiatan yang dilakukan OK OCE diantaranya edukasi atau pendampingan. Jika mengikuti keputusan bisnis atau investasi jangan berdasarkan isu yang tidak valid, jadi ambil keputusan berdasarkan data.

“Tipsnya, Jangan lupa untuk memonitor data dan informasi yang valid, seperti pemberitaan ekonomi maupun mengikuti pergerakan sosial yang aktif terkait UMKM,” tambah Alex.

Sandiaga juga mengibaratkan, jika ekonomi gelap, maka UMKM harus menjadi penerang. “Caranya dengan berkolaborasi. Tekankan Inovatif, Adaptif, dan Kolaboratif,” tutup Sandi.

Syukuran ke 6 tahun OK OCE juga dihadiri oleh narasumber lain seperti Elizabeth Ratu Rante Alo, Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Erwita Dian, Erwita Dianti, Direktur Pemasaran Ekonomi kreatif, Deputi  Bidang Pemasaran Kemenparekraf, serta Komunitas Penggerak OK OCE yang tersebar di seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya