Pembangunan IKN dan Tarif Cukai Rokok Ikut Pengaruhi IHSG, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Ilustrasi IHSG.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA Bisnis – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 30 poin atau 0,45 persen di level 6.840 pada pembukaan perdagangan Rabu, 14 Desember 2022.

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed cenderung menguat pada perdagangan hari ini.

"Untuk hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed cenderung menguat," kata Ratih dalam riset hariannya, Rabu, 14 Desember 2022.

Kenaikan Tarif Cukai Disarankan Moderat Menyesuaikan Inflasi agar Tidak Suburkan Rokok Ilegal

Ilustrasi papan IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Dia menjelaskan beberapa yang hal yang turut memengaruhi sikap pelaku pasar modal. Di antaranya informasi tentang anggaran pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk tahun depan yakni sebesar Rp 20 triliun. Sedagkan, tahun ini, pelaksanaan lelang pembangunan infrastruktur di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di zona 1A senilai Rp 15,08 triliun.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

"Sementara di luar kawasan KIPP senilai Rp 10,91 triliun," ujar Ratih.

Di sisi lain, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyatakan, dampak kenaikan tarif cukai rokok terhadap inflasi terbatas sebesar +0,10 persen sampai dengan +0,20 persen, dan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi yakni sebesar -0,01 persen sampai dengan -0,02 persen.

"IHSG diprediksi bergerak mixed dalam level 6.734-6.892," ujarnya.

Selain itu, Dia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni MAPI, SCMA, ELSA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya