Permintaan Komoditas Tambang Masih Tinggi

Ilustrasi industri logistik
Sumber :
  • eolaspecialtyfoods.com

VIVAnews - Perdagangan sektor non minyak dan gas (migas) selama periode Januari hingga April 2010, rata-rata mengalami peningkatan karena besarnya permintaan dari China, Amerika, dan Jepang.

Wakil Menteri Perdagangan, Mahendra Siregar, mengatakan, "Beberapa komoditas yang mengalami permintaan tinggi selama Januari-April antara lain nikel, baja, dan besi tahan karat, serta perak," ujar dia di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat 4 Juni 2010.

Sedangkan untuk Maret hingga April 2010, rata-rata ekspor mengalami penurunan, misalnya pada komoditas besi dan baja. Pada Maret 2010, ekspor mencapai 101 juta ton, sedangkan April hanya 67 juta ton.

Penurunan ekspor komoditas tambang paling drastis adalah untuk nikel. Ekspor nikel pada Maret mencapai 7 juta ton, sebelum turun menjadi 122 ribu ton pada April 2010.

Ekspor aluminium sedikit mengalami peningkatan dari Maret sebanyak 12 juta ton menjadi 30 juta ton pada April 2010. Sedangkan ekspor timah hitam turun dari 453 ribu ton pada Maret menjadi 443 ribu ton pada April. Untuk seng naik dari Maret sebanyak 262 ribu ton menjadi 348 ribu ton pada April.

Namun, kondisi sebaliknya terjadi pada perdagangan sektor migas yang justru mengalami defisit US$ 0,1 miliar.

arinto.wibowo@vivanews.com

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit
Viral, warung kelontong di Spanyol mirip di Indonesia.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Seorang netizen asal Indonesia membagikan pengalamannya berbelanja di warung kecil di salah satu negara Eropa, Spanyol. Ternyata warung di sana seperti di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024