RI Masuk Kelompok 20 Ekonomi Terbesar Dunia, Ketua OJK Bandingkan dengan Belanda

Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar menyebutkan, Indonesia saat ini masuk ke dalam jajaran negara 20 ekonomi terbesar dunia atau G20. Ini disebut memperlihatkan bahwa Indonesia lebih baik daripada negara lain seperti Belanda yang telah menjajah RI selama 350 tahun.

Menko Polhukam Sebut Transaksi Judi Online 3 Bulan Pertama di 2024 Capai Rp 100 T

Hal tersebut dikatakan Mahendra saat memberikan sambutan pada acara sosialisasi dan edukasi perlindungan konsumen di Universitas Hasanuddin, Makassar.

"Belanda yang adalah mantan penjajah Republik Indonesia selama 350 tahun tidak punya tempat di dalam G20 itu. Jadi kita yang dijajah 350 tahun saat ini sudah menjadi ekonomi 15 paling besar di dunia," kata Mahendra, Senin, 19 Desember 2022.

Ekonom Proyeksikan BI Bakal Kembali Tahan Suku Bunga Acuan 6 Persen

G20 Indonesia 2022. (ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/Fikri Halim

Mahendra mengatakan, perekonomian Belanda saat ini ada di posisi 27 atau 28 dunia. Menurutnya, sah-sah saja bila banyak yang berpendapat bahwa populasi Belanda lebih kecil, sehingga memengaruhi tingkat pendapatan per kapita.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

"Boleh saja berargumentasi bahwa populasi kita besar Belanda kecil, sehingga tingkat pendapatan tinggi boleh saja begitu. Tapi tetap fakta bahwa negara yang dijajah begitu lama, dan kita menjadi anggota G20 itu adalah 58 tahun sejak kita merdeka," jelasnya.

Mahendra menegaskan, unggulnya perekonomian Indonesia ini tidak hanya sekadar pengakuan RI sendiri. Sebab kata dia, seluruh dunia sudah mengakui capaian tersebut.

"Bukan kita semata yang mengakui tapi seluruh dunia memahami bahwa negara yang begitu lama dijajah oleh suatu negara lain ternyata dalam hitungan tidak sampai satu generasi. Bisa menjadikannya jauh lebih besar dari pada mereka yang menduduki begitu lama, itu lah negara Indonesia yang sejati," ujarnya.

Sementara itu, International Monetary Fund (IMF) melaporkan bahwa Indonesia masuk ke dalam 10 negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Indonesia dalam hal ada di peringkat ketujuh atau mengalahkan Inggris hingga Prancis.

Adapun berdasarkan data Purchasing Power Parity (PPP) Indonesia ada di posisi ketujuh dengan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar US$4,1 triliun.

Posisi yang ditempati Indonesia ini mengalahkan Inggris yang berada di urutan ke delapan dengan PDB sebesar US$3,8 triliun. Kemudian posisi kesembilan di tempati oleh Brazil dengan PDB sebesar US$3,7 triliun, dan Prancis di urutan 10 dengan PDB US$3,7 triliun.

Sedangkan berdasarkan catatan IMF, negara dengan perekonomian terbesar pertama di dunia diduduki oleh China dengan jumlah PDB sebesar US$30,18 triliun.

Untuk posisi kedua ditempati oleh Amerika Serikat (AS) sebesar US$25,34 triliun, India US$11,74 truliun, Jepang US$6,11 triliun, Jerman US$5,28 triliun, serta Rusia di posisi keenam dengan PDB US$4,37 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya