Ada Korban Tewas di Proyek Kereta Cepat, PT KCIC: Kejadiannya Masih Diinvestigasi

Kereta kerja di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) anjlok
Sumber :
  • FB

VIVA Bisnis – Viral sebuah video yang menunjukkan gambar rangkaian kereta anjlok pada lintasan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Menurut keterangan kepolisian, ada korban luka, bahkan meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Berdasarkan informasi, kecelakaan itu dialami kereta teknis yang dinaiki pekerja dalam pelaksanaan kegiatan proyek.

General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Rahadian Ratry mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan investigasi atas kecelakaan yang dialami kereta teknis tersebut.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

"Kejadian tersebut saat ini masih dalam investigasi pihak terkait," kata Rahadian dalam keterangannya, Senin 19 Desember 2022.

Kereta kerja di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) anjlok

Photo :
  • FB
Kenang Sosok Mooryati Soedibyo, Nadia Mulya: Kartini Modern

Dia menjelaskan, insiden tersebut diperkirakan terjadi di jalur proyek KCJB area Cipada-Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat, pada Minggu 18 Desember 2022.

Meski demikian, Rahadian menegaskan bahwa pihak KCIC sudah memastikan jika seluruh pekerjaan yang dilakukan kontraktor Kereta Cepat Jakarta-Bandung, sudah sesuai dengan implementasi aspek safety, security, health and environment (SSHE) pada setiap aktivitas kerjanya.

Terlebih, para kontraktor juga sudah dan akan terus berkomitmen terhadap aspek keselamatan diri seluruh pekerja, sehingga risiko kecelakaan kerja dapat dihindari.

"KCIC akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menginvestigasi insiden ini," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, sebuah video yang menyebar di media sosial menunjukkan rangkaian kereta keluar (anjlok) dari lintasan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, sebagaimana yang diunggah akun Twitter @ferry2121.

Video itu memperlihatkan juga adanya satu gerbong kereta berwarna hijau tua bertuliskan Stecol Corporation dan disertai aksara China, yang keluar dari jalur proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Sebelumnya diberitakan VIVA, Kepolisian Daerah Jawa Barat menyebut insiden tersebut menelan korban jiwa. Baik korban luka-luka maupun meninggal dunia sudah dievakuasi ke rumah sakit di wilayah Bandung, Jawa Barat. 

"Betul kejadian tadi sore (red-Minggu). Kita mengamankan TKP, lokasinya di Padalarang. Ada korban (meninggal), tapi masih diidentifikasi tepatnya berapa. Korban luka ada juga. Saat ini sudah dibawa ke RS Santosa," kata Direskrimum Polda Jabar Kombes Pol Yani Sudarto di lokasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya