Indeks Kepuasaan Jemaah Haji 2022 Naik, BPS: Capaian Terbaik Dalam 11 Tahun

- VIVA/Anisa Aulia
VIVA Bisnis – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia atau IKJHI tahun 2022 sebesar 90,45. Angka tersebut mengalami kenaikan 4,54 poin bila dibandingkan dengan 2019 yang sebesar 85,91.
Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, capaian positif tersebut menunjukkan bahwa jemaah haji Indonesia telah menerima pelayanan yang memuaskan dari pemerintah.
"Setelah dilakukan penghitungan oleh tim maka indeks kepuasan jemaah haji Indonesia atau IKJHI tahun 2022 mencapai 90,45 atau mengalami kenaikan sebesar 4,54 poin jika dibandingkan dengan indeks tahun 2019 yang sebesar 85,91," kata Margo dalam telekonferensi, Senin 19 Desember 2022.
Jemaah haji Indonesia di Bandara (ilustrasi)
- VIVA/Sherly (Tangerang)
Margo menuturkan, sejak pertama kali dilakukan survei pada 2010 angka tersebut cenderung meningkat. Meskipun tercatat sempat berfluktuatif pada beberapa tahun pertama sejak dilakukanya pengukuran indeks.
"Dengan nilai indeks ini, maka pelayanan penyelenggaraan haji 2022 merupakan capaian terbaik setelah 11 tahun pelaksanaan survei dilakukan sejak tahun 2010," jelasnya.
Meski begtiu, Margo menjelaskan, survei penyelenggaraan haji tahun 2022 tentu berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Setidaknya dari dua hal. Pertama, jumlah jemaah yang jauh dari normal sebelum pandemi dan karakteristik jemaah yang cenderung berusia muda.