Proyek Kereta Cepat Telan Korban Jiwa, Kemenhub: Pembangunan Dihentikan Sementara

Kereta kerja di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) anjlok
Sumber :
  • FB

VIVA Bisnis – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) turut menyatakan duka cita atas insiden anjloknya kereta pekerja di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) garapan PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC). Hingga saat ini, tercatat ada 6 korban dan 2 di antaranya dinyatakan meninggal dunia. 

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

"Sampai dengan pernyataan ini dibuat, dilaporkan bahwa terdapat 6 korban yang mencakup 2 korban jiwa, 2 korban luka berat, dan 2 korban luka ringan," kata Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati dalam keterangannya, Senin 19 Desember 2022.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati.

Photo :
  • VIVA/Wilibrodus
Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

Adita menjelaskan, insiden ini terjadi di daerah Cempaka Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, pada Minggu 18 Desember 2022. Lokasi insiden diketahui merupakan lokasi Track Laying KCJB pada ruas jalur DK 102+309.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) sendiri, lanjut Adita, telah mengerahkan personil untuk mengidentifikasi insiden tersebut.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

"Sarana ini merupakan sarana yang dimiliki PT KCIC, dan digunakan untuk pembangunan jalur rel dan bukan sarana/kereta yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang," ujarnya.

Dia mengatakan, proses evakuasi juga tengah dilakukan oleh PT KCIC dan mitra kontraktor, sejak Minggu malam, 18 Desember 2022 dan berlanjut hingga pagi tadi.

"Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kegiatan pembangunan akan dihentikan sementara untuk dilakukan proses investigasi lebih lanjut," tegas Adita.

Setelah identifikasi dan investigasi selesai dilakukan, nantinya akan dilaporkan temuan dan hasil rekomendasi yang bisa dijadikan acuan untuk meningkatkan aspek keselamatan pada proyek pembangunan perkeretaapian.

"DJKA akan memastikan bahwa insiden ini akan dijadikan pelajaran penting untuk mencegah berulangnya insiden serupa," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya