BPS Ungkap Layanan Jemaah Haji 2022 dengan Skor Tertinggi

- Bahauddin/MCH2019
VIVA Bisnis – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia atau IKJHI tahun 2022 mengalami kenaikan 4,54 poin atau 90,45. Kenaikan pelayanan tertinggi terjadi pada indeks pelayanan di non Arafah, Muzdalifah, Mina (non Armuzna).
Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, indeks layanan non Armuzna tertinggi yaitu pelayanan transportasi bus antar kota sebesar 91,93. Sementara, pelayanan dengan indeks tertinggi di Armuzna ada pada transportasi bus sebesar 91,52.
"Jika dibandingkan dengan tahun 2019, pelayanan bus Armuzna mengalami peningkatan yang paling tinggi. Pelayanan tersebut meningkat sebesar 11,15 poin, yaitu dari sebesar 80,37 pada tahun 2019, menjadi 91,52 pada tahun 2022," kata Margo dalam telekonferensi, Senin 19 Desember 2022.
Margo mengatakan, catatan positif IKJHI juga disumbang oleh indeks kepuasan pelayanan petugas di atas 85,00 atau telah memenuhi kriteria sangat memuaskan.
Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia tahun 2022 dirilis BPS
- Kemenag
"Pada tahun ini, indeks kepuasan pelayanan petugas berada di urutan kedua setelah pelayanan bus antarkota dengan nilai indeks sebesar 90,32," jelasnya.
Sedangkan untuk pelayanan ibadah kepuasan tercatat ada pada semua pelaksanaan ibadah jamaah selama di Arab Saudi. Seperti pelayanan rangkaian ibadah haji di Masyair, umrah wajib, dan ziarah. Di mana tercatat indeks pelayanan ibadah sebesar 90,31 atau naik 2,54 poin dari tahun 2019.