PMN Rp 7,5 Triliun Cair, Garuda Indonesia Alokasikan untuk Restorasi Armada dan Pemeliharaan

Garuda Indonesia.
Sumber :
  • Dok. Garuda Indonesia

VIVA Bisnis – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk resmi menerima dukungan Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp 7,5 triliun yang diterima pada pagi ini, Selasa 20 Desember 2022. Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, PMN dari APBN 2022 itu akan digunakan untuk mendukung percepatan pemulihan kinerja, khususnya pada lini operasional penerbangan.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

"Di antaranya melalui program restorasi armada, pemeliharaan spare part pesawat dan berbagai komponen pesawat lainnya, serta penyehatan arus kas perusahaan guna mendukung kelancaran operasional," kata Irfan dalam keterangannya, Selasa 20 Desember 2022.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.

Photo :
  • Dok. Garuda Indonesia
Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Dia menambahkan, dukungan PMN yang berjalan 'on the track' ini sejalan dengan outlook kinerja usaha, yang terus menunjukkan pertumbuhan positif. Karenanya, sebagai salah satu substansi rencana perdamaian proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU), Irfan optimistis PMN ini dapat memperkuat komitmen Garuda kepada seluruh kreditur.

Terutama untuk memaksimalkan pertumbuhan kinerja usaha Garuda Indonesia ke depannya, guna memberikan nilai optimal bagi kolaborasi bisnis bersama seluruh mitra usahanya.

Abu Vulkanik Gunung Ruang Ganggu Penerbangan, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

"Kami optimistis realisasi PMN ini akan semakin memperkuat langkah Garuda, untuk terus mengakselerasikan proses restrukturisasi yang kami proyeksikan dapat rampung pada akhir tahun ini," ujar Irfan.

Dia mengatakan, diterimanya dana PMN tersebut menjadi milestone tersendiri bagi Garuda sebagai national flag carrier, untuk terus memberikan kontribusi optimal bagi masyarakat di tengah momentum pemulihan ekonomi nasional, khususnya sektor pariwisata.

Kontribusi tersebut di antaranya diwujudkan melalui peningkatan aksesibilitas dan penyediaan layanan penerbangan, baik yang aman, nyaman, dan berdaya saing.

Irfan mengungkapkan, dukungan berkelanjutan yang diberikan Pemerintah dalam fase pemulihan kinerja ini, tentunya menjadi penanda penting atas kepercayaan negara terhadap outlook kinerja dan peran Garuda sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam roda perekonomian bangsa.

"Karenanya, atas realisasi PMN ini, kami ingin menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah dan seluruh pihak yang memberikan dukungan penuh terhadap misi transformasi kinerja Garuda," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya