Menko Airlangga Optimistis RI Mampu Hadapi 2023 Meski Proyeksi Ekonomi Dipangkas

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimis, Indonesia mampu menghadapi kondisi ketidakpastian tahun depan. Meskipun, beberapa lembaga dunia telah memangkas proyeksi ekonomi Indonesia pada 2023 mendatang.

Ratas Bahas Geopolitik, Airlangga: Cadangan Devisa Kita Masih Kuat

Airlangga mengatakan, beberapa lembaga dunia yang telah mengoreksi pertumbuhan Indonesia diantaranya Asian Development Bank (ADB) yang mengoreksi dari 5,4 persen menjadi 5 persen pada 2023. Bahkan, ADB baru-baru ini kembali memangkas menjadi 4,8 persen.

"Bahwa tantangan yang datang silih berganti merupakan hal yang tidak mudah, proyeksi ekonomi memang beberapa lembaga mengoreksi ke bawah OECD 5,3-4,7 persen, IMF dari 5,3 persen menjadi 5 persen. Namun dari semua koreksi masih di 4,7 persen sampai dengan 5 persen," kata Airlangga dalam Outlook Perekonomian Indonesia 2023, Rabu 21 Desember 2022.

Bertemu Airlangga di Jakarta, Bobby: Saya Diundang, Gak Sopan Kalau Tak Datang

Ilustrasi resesi ekonomi/krisis ekonomi global.

Photo :
  • Unsplash

Airlangga menuturkan, beberapa waktu lalu Indonesia menghadapi ketidaktahuan dan ketidakpastian pandemi, utamanya pada saat penanganan COVID-19.

Ada Konflik Israel-Iran, Pemerintah Bakal Beri Bansos?

"Namun Bapak Presiden dengan kepemimpinan yang tangguh, Indonesia menghadapi dengan adaptability dan juga melalui resiliensi. Kita mengkoordinasi sektor fiskal moneter maupun sektor riil," jelasnya.

Adapun dari hal tersebut kata dia, itu mampu menjadi pelajaran berharga bagi Indonesia untuk menghadapi berbagai ketidakpastian risiko ke depan.

Seperti diketahui, pada 2023 mendatang diprediksi dunia akan menghadapi ancaman resesi. Hal itu disebabkan oleh meningkatnya inflasi di berbagai negara, yang direspons secara agresif oleh berbagai bank sentral dalam mengambil kebijakan moneternya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya