Angkasa Pura II Mulai Catat Lonjakan Penumpang Bandara Jelang Tahun Baru

Suasana di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA Bisnis – PT Angkasa Pura II (AP II) mengoperasikan Posko Monitoring Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru 2023) pada 20 Bandara kelolaannya. Posko dimulai pada 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Presiden Direktur AP II, Muhammad Awaluddin menjelaskan, Posko Nataru Bandara AP II ini bertujuan untuk menjaga standar operasional dan pelayanan, di tengah meningkatnya lalu lintas penerbangan.

"Posko Nataru ini untuk menjaga kinerja sumber daya manusia (people), infrastruktur di sisi udara dan darat (facilities), dan berjalannya berbagai prosedur (process)," kata Awaluddin dalam keterangannya, Rabu, 21 Desember 2022.

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin di Bandara Soetta.

Photo :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

Awaluddin menambahkan, posko-posko di tiap bandara tersebut akan berfungsi sebagai posko monitoring dan pemeriksaan, guna memastikan aspek keamanan, keselamatan, pelayanan dan kesehatan dapat berjalan baik.

Berasa Idol, Rezky Aditya Terekam Kamera Dispatch Saat Jalan di Bandara Incheon

Posko-posko itu juga bertugas sebagai posko monitoring data, untuk melihat tren lalu lintas penerbangan setiap hari. Selain itu, posko-posko itu juga harus menyiapkan berbagai langkah mitigasi, untuk mencegah dan menangani kondisi yang dapat mengganggu pelayanan dan operasional bandara.

Pada hari pertama monitoring, yakni 19 Desember 2022 (H-6 Natal), Awaluddin memastikan adanya peningkatan lalu lintas penerbangan yang cukup signifikan di 20 bandara AP II. Totalnya mencapai sebanyak 212.942 orang, atau naik sekitar 27 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu yang sebanyak 168.011 orang.

"Sementara jumlah penerbangannya juga meningkat sekitar 20 persen menjadi 1.674 penerbangan," ujar Awaluddin.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta, pergerakan penumpang mencapai 132.548 orang, atau naik 27 persen dari sebelumnya yakni 104.601 orang. Selain itu, jumlah penerbangan tercatat mencapai sebanyak 938 penerbangan, atau meningkat 13 persen dibandingkan sebelumnya yang hanya 787 penerbangan. 

Awaluddin menjelaskan, tren kenaikan lalu lintas penerbangan menjadi perhatian AP II dan para stakeholder terkait lainnya. Dia memastikan, AP II dan stakeholder akan sangat memperhatikan pelayanan, di tengah meningkatnya penerbangan pada musim Nataru 2023 ini.

"Apabila ada suatu isu terkait pelayanan atau fasilitas, maka harus segera diselesaikan. Tidak bisa penyelesaian membutuhkan berjam-jam apalagi lebih dari satu hari. Semua harus bergerak cepat, berkoordinasi, dan berkolaborasi dengan erat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya