Lingkungan Berubah, Jalan Tol Bintaro Banjir

Banjir di Tol Ulujami - Serpong
Sumber :
  • Antara/ Muhammad Deffa

VIVAnews - VIVAnews-- PT Jasa Marga Tbk selaku Pengelola Jalan Tol Bintaro menduga penyebab genangan air pada KM 3500 Tol Bintaro diakibatkan oleh tingginya curah hujan dan perubahan lingkungan di sekitar jalan tol berupa penambahan wilayah pemukiman.

"Penyebab utamanya memang curah hujan tinggi sehingga limpahan air cukup besar dan juga aliran dari pemukiman sekitar masuk ke saluran jalan tol," jelas Kepala Cabang Jakarta-Tanggerang PT Jasa Marga Tbk Ricky ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Jakarta (6/6).

Ia menambahkan KM 3500 merupakan titik terendah pada jalan tol Bintaro sehingga limpahan air bertemu pada titik tersebut.

Seperti diberitakan, KM 3500 pada tol Bintaro kemarin diututup oleh petugas selama satu hari penuh akibat genangan air. Menurut Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya genangan air mencapai ketinggian di atas roda mobil sedan.

Hingga kemarin, Jasa Marga telah membongkar satu gorong-gorong guna melancarkan aliran air tersebut. "Kami mengeruk agar air bisa lancar keluar dari jalan tol," jelas dia.

Jasa Marga akan memperbaiki sistem aliran air guna mencegah hal ini terulang kembali. "Tapi kami akan melakukan penelitian dulu dengan konsultan," jelas dia.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Adapun untuk memperbaiki saluran air di luar jalan tol, Jasa Marga berniat membicarakan hal ini dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan. "Kami akan berdiskusi dengan pemerintah daerah untuk membicarakan soal sistem drainase," kata dia.

Ricky menambahkan pihaknya belum dapat menaksir kerugian akibat penutupan jalan bebas hambatan selama satu hari penuh kemarin. "Memang ada potensi kerugian tapi angka pastinya besok," kata

Ia mengatakan kalkulasi angka baru bisa dikeluarkan besok setelah dua pengelola jalan tol menggabiungkan angka pemasukan," jelas Ricky.  Dua ruas jalan tol tersebut dikelola oleh Jasa Marga dan PT Bumi Serpong Damai Tbk.  (mt)

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024