Minta ASDP Antisipasi Gangguan Cuaca, Menhub Tekankan soal Keselamatan Penumpang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Dok. Kemenhub

VIVA Bisnis – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meminta jajaran PT ASDP Indonesia Ferry dan seluruh pemangku kepentingan di sektor penyeberangan untuk meningkatkan aspek keselamatan. Hal itu guna mengantisipasi adanya potensi gangguan cuaca angin dan arus laut yang bergerak kencang, terutama di masa libur Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 kali ini.

Urai Peningkatan Arus Balik Lebaran, Contraflow Diberlakukan Kembali di Tol Japek

"Gangguan cuaca ini akan mempengaruhi jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal menjadi tidak pasti. Untuk itu, kita harus menjaga aktivitas penyeberangan dari dermaga demi keselamatan penumpang," kata Menhub, Minggu, 25 Desember 2022.

Ilustrasi Kapal Roro Baru Milik ASDP

Photo :
Pantau Pelabuhan Bakauheni, Menhub Sebut Arus Balik Hari Ini Masih Relatif Landai

Merak-Bakauheni merupakan salah satu titik krusial yang berpotensi terjadi kepadatan penumpang dan kendaraan, yang akan menyeberang di masa libur Nataru 2023 ini. Karenanya, Menhub menegaskan bahwa upaya antisipasi khusus perlu dilakukan, untuk menjaga kelancaran.

Dalam tinjauannya, Menhub pun menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama segenap pemangku kepentingan, yakni TNI, Polri, Pemerintah Daerah, PT ASDP, BMKG, dan unsur terkait lainnya.

Volume Kendaraan Meningkat, Akses Keluar Tol Jagorawi Arah Puncak Bogor Ditutup Sementara

Rapat digelar dalam upaya untuk memastikan pergerakan penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak-Bakauheni berjalan dengan selamat, aman, nyaman, dan juga mengedepankan aspek kesehatan.

Selain kondisi cuaca ekstrem, sejumlah catatan yang disampaikan Menhub yakni meminta PT ASDP sebagai pengelola pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni untuk lebih meningkatkan upayanya dalam menjaga kelancaran proses keluar masuk kendaraan ke kapal.

"Supaya tidak terjadi kepadatan yang mengular," ujar Menhun.

Untuk mendukung kelancaran keluar masuk kapal, Menhub juga mengimbau masyarakat untuk membeli tiket secara daring agar perjalanan lebih lancar dan nyaman. Selain itu, Menhub juga mengimbau kepada pemilik truk tiga sumbu atau lebih agar mematuhi ketentuan pembatasan sementara operasional angkutan barang yang telah ditetapkan.

"Saya minta bantuan kepada pihak kepolisian untuk menertibkan. Karena saya lihat hari ini masih ada truk tiga sumbu yang melintas," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya