Kemenhub Pantau Lonjakan Penumpang di Sorong-Papua saat Nataru, Ini Hasilnya

Sekretaris Jenderal Kemenhub, Novie Riyanto di Kota Sorong, Papua pantau angkutan Nataru.
Sumber :
  • Dok. Kemenhub

VIVA Bisnis – Kementerian Perhubungan melaporkan bahwa terjadi peningkatan signifikan jumlah penumpang pada moda angkutan umum di kota Sorong, Papua, pada masa libur Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

"Pantauan kami di pelabuhan dan bandara, walaupun jumlah penumpang mengalami peningkatan, namun secara umum pelayanan angkutan umum berjalan lancar, aman, dan terkendali," kata Sekretaris Jenderal Kemenhub, Novie Riyanto, Minggu, 25 Desember 2022.

Novie diketahui melakukan tinjauan ke Pelabuhan Sorong dan Bandara Domine Eduard Osok (DEO), dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi angkutan Nataru 2023. Di Bandara DEO, dia melihat data soal adanya tren kenaikan penumpang angkutan udara, yang didominasi oleh rute dari dan menuju Ambon, Makassar, dan Jakarta.

Viral Penampakan Masjid dan Gereja Berada di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi

"Pihak pengelola bandara (Unit Pelaksana Bandar Udara/UPBU) Sorong telah berkoordinasi dengan maskapai, untuk menyiagakan pesawat tambahan guna mengantisipasi lonjakan penumpang," ujarnya.

Suasana di parkiran Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Kota Sorong, Papua Barat, Senin (19/8/2019).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Olha Mulalinda
Kemenkeu, Kemenhub, Kemenkes, dan Bank Mandiri Berkolaborasi Pangkas Transaksi di Pelabuhan

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kapal di Pelabuhan Sorong, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sorong telah menyiagakan kapal navigasi dan kapal kesatuan penjaga laut dan pantai (KPLP).

Nantinya, kapal-kapal itu rencananya akan digunakan sebagai kapal cadangan, apabila kapasitas kapal penumpang tidak memadai.

"Tetapi sampai saat ini, kapal penumpang yang ada masih mampu melayani lonjakan penumpang yang terjadi," kata Novie.

Berdasarkan data, jumlah kapal yang beroperasi di Pelabuhan Sorong sebanyak 57 kapal, atau meningkat 21,28 persen dari jumlah kapal pada Nataru tahun sebelumnya yang sebanyak 47 kapal. Untuk jumlah penumpang kapal secara total juga mengalami peningkatan 80,88 persen atau 26.550 penumpang.

"Dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 14.678 penumpang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya