KCI Layani 1,1 Juta Penumpang saat Libur Natal

Rangkaian KRL Commuterline
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Paramayuda

VIVA Bisnis – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melaporkan bahwa pada hari Senin, 26 Desember 2022, atau hari pertama aktivitas perkantoran setelah libur akhir pekan yang bertepatan dengan libur Natal 2022, situasi di seluruh stasiun hingga pukul 15.00 WIB terpantau ramai.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba menjelaskan, pengguna commuterline Jabodetabek di seluruh stasiun mencapai 345.922 orang.

"Sementara pada dua hari libur Natal pada akhir pekan kemarin, tercatat total sebanyak 1.170.286 orang, atau rata-rata 585.143 orang per harinya," kata Anne dalam keterangannya, Senin, 26 Desember 2022.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Dirut PT KAI Didiek Hartantyo dan VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba

Photo :
  • twitter @annepurba

Dia menambahkan, persebaran pengguna commuterline sejak pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB pagi tadi, merupakan pengguna harian. Sementara itu selepas pukul 09.00 WIB, masih terpantau pengguna musiman yang memanfaatkan commuterline sebagai transportasi untuk mobilitasnya selama libur.

Lebaran 2024, KAI Bandara Medan Mengangkut 102.502 Penumpang

"Para pengguna yang hendak menggunakan commuterline untuk berpergian ke tempat wisata atau mengisi liburan, dapat kami informasikan bahwa pengguna yang membawa anak minimal usia 3 tahun atau tinggi minimal 90 cm sudah diwajibkan untuk membeli tiket," ujar Anne.

Dia juga berpesan untuk menghindari jam-jam ramai pengguna, yaitu pada pagi hari jam 05.30-07.30 WIB, dan sore mulai pukul 16.00-18.00 WIB.

"Untuk menjaga keselamatan di area stasiun maupun di dalam commuterline, pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan orang tua atau pendamping," ujarnya.

Sebagai informasi, khusus Stasiun Manggarai yang pada pagi hari tadi telah diresmikan pembangunan tahap pertamanya oleh Presiden Joko Widodo, tercatat rata-rata volume pengguna transit selama dua hari libur Natal pada akhir pekan kemarin mencapai 149.528 orang per harinya. Sedangkan pada hari kerja, volume pengguna sebanyak 158.453 orang.

Mengingat masih musim penghujan untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, KAI Commuter mengimbau untuk menyiapkan payung, jaket, atau jas hujan saat pergi beraktivitas. Gunakan juga alas kaki yang tidak licin untuk keselamatan dan keamaan selama bercommuter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya