Dirut BEI: IHSG Bergerak di Zona Positif Sepanjang Tahun 2022

Monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA Bisnis – Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia Iman Rachman menyatakan, sepanjang tahun 2022 Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) bergerak di zona positif. Hal itu ditunjukkan dengan pertumbuhan nilai kapitalisasi pasar senilai US$600 miliar atau Rp 9,35 triliun (asumsi kurs Rp 15.589 per dolar AS).

Selain Konflik Iran-Israel, BEI Beberkan Faktor Lain Penyebab IHSG Anjlok Pasca-Lebaran

Iman mengatakan bahwa keberhasilan itu sangatlah baik di tengah tantangan perekonomian global yang saat ini penuh tantangan.

"Sepanjang tahun ini IHSG berhasil bergerak di zona positif dengan diikuti pertumbuhan nilai kapitalisasi pasar yang meningkat lebih dari 15 persen atau setara dengan US$600 miliar," kata Imam dalam Peresmian Penutupan Perdagangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2022, Jumat 30 Desember 2022.

Saham Lima Perusahaan Ini Malah Bersinar saat IHSG Sesi I Anjlok

Dirut BEI Iman Rachman.

Photo :
  • Antara.

Iman menyebutkan, selain itu keyakinan investasi juga masih terjaga. Di mana itu tercermin dari aktivitas perdagangan yang tercatat tumbuh.

IHSG Anjlok 2 Persen Lebih Imbas Iran Serang Israel? Direktur BEI Buka Suara

"Aktivitas perdagangan di sepanjang tahun ini khususnya nilai transaksi perdagangan yang bertumbuh sebesar 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya," ujarnya.

Dia menekankan, pertumbuhan itu tak lepas dari kebijakan yang diambil Pemerintah di tengah ketidakpastian global saat ini.

Iman melanjutkan, pada 2022 ini dibandingkan dengan bursa ASEAN dan global. Bursa Indonesia masih mencatatkan pertumbuhan baik dari sisi nilai kapitalisasi pasar, nilai transaksi harian, hingga pencatatan saham.

"Optimisme juga terlihat dari maraknya sejumlah perusahaan yang melakukan IPO di tahun ini. Terima kasih kepada OJK dan seluruh pemangku kepentingan pasar modal yang telah membantu dalam memfasilitasi 59 perusahaan untuk tercatat sepanjang 2022, atau merupakan jumlah IPO tertinggi sejak di tahun 1992," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya