Realisasi Anggaran Kemenhub 2022 Capai Rp 32,63 Triliun, Ini Rinciannya

Menhub Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Dok. Kemenhub

VIVA Bisnis – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melaporkan, realisasi kinerja anggaran Kemenhub Tahun 2022 mencapai sebesar Rp 32,63 triliun, atau sekitar 97,69 persen dari total alokasi sebesar Rp 33,41 triliun.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

"Dari tahun ke tahun, capaian realisasi belanja Kemenhub semakin meningkat," kata Budi Karya dalam telekonferensi, Rabu, 4 Januari 2023.

Dia menjabarkan, tahun 2019 realisasi anggaran Kemenhub mencapai 92 persen, tahun 2020 sebesar 95,59 persen, dan tahun 2021 sebesar 97,19 persen.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Kemudian, berdasarkan data e-monitoring sementara, realisasi anggaran Kemenhub sudah mencapai 97,69 persen, atau melebihi dari target (prognosa) yang ditetapkan sebesar 97,25 persen.

"Ini bukti dari komitmen kami untuk terus melakukan pembangunan infrastruktur dengan tata kelola yang baik, meskipun ada beberapa tantangan termasuk situasi pandemi," ujarnya.

Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Kepabeanan bersama KSOP dan TNI AL

Menhub menegaskan, semua capaian ini untuk meningkatkan konektivitas di seluruh wilayah Indonesia. Sebab, pengelolaan APBN harus dilakukan dengan menentukan skala prioritas, guna memastikan apa yang dikerjakan tepat sasaran dan berdampak langsung bagi masyarakat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) berbicara kepada wartawan tentang penanganan kasus mobil berisi sejoli yang tercebur ke laut Dermaga 2 Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu, 24 Desember 2022.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Misalnya yakni sejumlah infrastruktur transportasi yang telah selesai dibangun pada tahun 2022, diantaranya yakni Pelabuhan Penyeberangan dan Kapal Penyeberangan di Danau Toba Sumut, Wakatobi Sulteng, dan kawasan segitiga emas (Sanur, Nusa Penida, Nusa Ceningan) Bali.

Kemudian, membangun jalur kereta api di Sumatera, Jawa dan Sulawesi, dan pembangunan transportasi kereta api perkotaan baik jalur kereta, stasiun, dan keretanya. Beberapa yang telah selesai dibangun dan dioperasikan pada tahun 2022 yakni Stasiun Pondok Ranji, Stasiun Manggarai Tahap 1, dan Kereta Api Maros – Garongkong yang menjadi bagian dari proyek pembangunan Kereta Api Makassar – Parepare.

Menhub Budi Karya Sumadi.

Photo :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

"Kemudian kami juga membangun pelabuhan dan bandara baru seperti Pelabuhan Sanur, Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep Jatim, dan Bandara Komodo di Labuan Bajo NTT," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya