Pembatasan Beli LPG 3 Kg Dimulai di 2023? Ini Penjelasan Pertamina

Warga memperlihatkan tabung Liquefied Petroleum Gas (LPG) ukuran 3 kg di Depot LPG Pulau Layang, Plaju, Palembang, Sumatera Selatan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA Bisnis – Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga akan melaksanakan pembatasan pembelian LPG 3 Kg yang masih terus diupayakan implementasinya. Hal itu disebut merupakan komitmen dalam menyalurkan energi bersubsidi, agar bisa tepat sasaran kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Pakar Sebut Fakta Mengejutkan soal BBM Pertalite

Lantas, apakah program itu tetap akan diimplementasikan pada 2023?

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengungkapkan, saat ini upaya yang masih digenjot pihaknya yakni mengintegrasikan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE), sebagai database nasional penyaluran LPG 3 Kg.

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU

Saat Ini Warga Masih Bisa Beli LPG 3 Kg dengan Cara Normal

Sementara proses integrasi data P3KE masih terus berjalan, Irto menegaskan bahwa masyarakat masih bisa melakukan pembelian LPG 3 Kg secara normal. Saat ditanya sudah sampai sejauh mana proses integrasi data P3KE tersebut dan apa langkah selanjutnya, Irto mengaku pihaknya masih akan berkoordinasi dengan para stakeholder terkait lainnya untuk menentukan hal tersebut.

Sean Gelael dan Tim WRT 31 Paling Terdepan, Raih Posisi 1 di Imola

"Kami masih berkoordinasi dengan regulator untuk pelaksanaan selanjutnya," kata Irto saat dihubungi VIVA Bisnis, Senin, 9 Januari 2023.

Beli LPG 3 Kg Pakai KTP Tengah Diuji Coba

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Dalam proses pengintegrasian data P3KE tersebut, nantinya para pembeli LPG 3 Kg harus menunjukkan KTP nya saat melakukan pembelian untuk mencocokkan datanya. Mekanisme ini selama masa uji coba sudah diaplikasikan di sejumlah kecamatan, yang berada di wilayah Tangerang, Semarang, Batam, dan Mataram

Sementara proses uji coba di wilayah-wilayah tersebut masih terus berlangsung, Irto pun ditanya soal kemungkinan perluasan wilayah uji coba tersebut. Namun, dia memastikan bahwa uji coba masih hanya akan dilakukan di keempat wilayah itu saja.

"Masih dalam proses uji coba di wilayah-wilayah tersebut," ujarnya.

Diketahui, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah berupaya mengintegrasikan data P3KE sebagai database nasional penyaluran LPG 3 Kg. Langkah itu merupakan bagian dari upaya pendistribusian LPG 3 Kg, agar ke depannya bisa lebih tepat sasaran.

Karena proses pencocokan data P3KE dengan database pengguna LPG 3 Kg itu membutuhkan waktu yang cukup lama, maka Pertamina mengakui bahwa realisasi pembatasan pembelian LPG 3 Kg agar lebih tepat sasaran masih belum akan dilakukan dalam waktu dekat dan masyarakat masih tetap bisa membelinya seperti biasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya