RUU P2SK Disahkan DPR, Agus Martowardojo Sebut Perbankan Sambut Positif

Komisaris Utama BNI, Agus Martowardojo (tengah) di acara CEO Banking Forum.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Pihak Perbankan akan mengkaji Rancangan Undang-undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU P2SK) yang sudah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Ekonom Proyeksikan BI Bakal Kembali Tahan Suku Bunga Acuan 6 Persen

Komisaris Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Agus Dermawan Wintarto Martowardojo mengatakan, dia tak menampik UU P2SK yang sudah disahkan juga disambut positif oleh perbankan.

"Tetapi dalam suasana tertutup kita mesti kaji karena UU P2SK terlihat bahwa Indonesia yang 3 tahun terakhir bisa melewati periode sulit pandemi ataupun krisis geopolitik. Itu di dalam UU P2SK Bank Indonesia sekarang objektifnya tidak hanya menjaga nilai tukar dan menjaga inflasi rendah," kata Agus dalam CEO Banking Forum dengan tema Leadership Sharing, Senin, 9 Januari 2023.

Airlangga Tegaskan Tak Hanya Rupiah yang Melemah, Won hingga Bath Juga Ambruk

Eks Gubernur Bank Indonesia, Agus DW Martowardojo.

Photo :
  • Bank Indonesia

Mantan Gubernur Bank Indonesia ini mengatakan, dengan adanya UU P2SK itu, tugas bank sentral selain menjaga stabilitas moneter juga akan bergeser menjadi tujuan pembangunan. Selain itu, pada UU P2SK Bank Perkreditaan Rakyat (BPR) akan dapat melakukan transaksi valas. Untuk saat ini, kata Agus, BPR diberi kesempatan untuk ekspansi.

Neraca Perdagangan RI pada Maret 2024 Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi Indonesia

"Padahal di saat yang lalu ketika pakto 88 mengizinkan BPR untuk tumbuh, banyak sekali tantangan yang ada di BPR jadi ini belum selesai," ujarnya.

Sebelumnya, dalam Rapat Paripurna DPR menyepakati pengesahan Rancangan Undang-undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan sektor Keuangan (P2SK) pada 15 Desember 2022.

RUU P2SK diketahui diinisiasi oleh DPR pada 2021, sebagai respons DPR terhadap kebutuhan hukum di masyarakat dan industri akan perlunya reformasi sektor keuangan Indonesia.

"Kami menanyakan kepada seluruh fraksi apakah Rancangan RUU P2SK data disetujui dan disahkan menjadi undang-undang? Setuju," ujar Ketua DPR Puan Maharani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya