Ekspektasi Suku Bunga AS Diproyeksi Dongkrak Keperkasaan Rupiah Hari Ini

Rupiah Menguat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Rabu pagi, 11 Januari 2023. Terpantau pukul 09.15 WIB rupiah menguat sebesar 8 poin atau 0,07 persen ke posisi Rp 15.568 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.576 per dolar AS.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.589 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan berpeluang menguat hari ini. Hal itu didorong oleh ekspektasi kebijakan suku bunga Amerika Serikat (AS).

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

"Rupiah masih berpeluang menguat terhadap dolar AS hari ini meskipun penguatannya tertahan kemarin. Sentimen penggerak masih dari AS yaitu soal ekspektasi kebijakan kenaikan suku bunga acuan AS selanjutnya," kata Ariston kepada VIVA  Rabu, 11 Januari 2023.

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa
Indonesian Rupiah Exchange Rate Increases

Ariston mengatakan, belakangan ini muncul ekspektasi the Fed yang tidak akan seagresif sebelumnya dalam menaikkan suku bunga acuannya. Dalam hal ini agresivitas itu untuk mengendalikan inflasi yang masih tercatat di atas 7 persen.

"Ekspektasi ini didasari oleh data-data ekonomi AS terbaru yang meskipun terlihat tetap solid tapi sudah menunjukkan tanda perlambatan," ujarnya.

Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Selain itu jelasnya, data inflasi konsumen AS yang akan dirilis besok malam juga diekspektasikan akan menunjukkan penurunan inflasi.

Adapun untuk hari ini mata uang rupiah akan menguat di kisaran Rp 15.550. Sedangkan potensi resisten di kisaran Rp 15.600.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya