UU P2SK Jadi Sorotan Investor, Rupiah Diproyeksi Perkasa Hari Ini

Uang kertas rupiah dan dolar AS.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Kamis pagi, 12 Januari 2023. Terpantau pukul 09.21 WIB rupiah menguat sebesar 23 poin atau 0,43 persen ke posisi Rp 15.458 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.481 per dolar AS.

OJK Reveals Tips to Manage Finance for Housewife

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.527 per dolar AS.

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan ditutup menguat hari ini. Ibrahim menilai, dari Rancangan Undang-undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU P2SK) yang sudah disahkan direspons positif oleh pasar.

Rupiah Mulai Perkasa Seiring Meredanya Konflik Israel-Iran

"Momentum tepat! Adanya UU P2SK ini menjawab tantangan perekonomian, termasuk pengaruh global akibat guncangan yang terjadi adanya disrupsi geopolitik dan sisi suplai yang berujung mengakibatkan inflasi di negara maju yang tinggi," kata Ibrahim dalam risetnya Rabu, 12 Januari 2023.

Uang dolar AS dan rupiah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.
Ekonom Proyeksikan BI Bakal Kembali Tahan Suku Bunga Acuan 6 Persen

Ibrahim mengatakan, adanya perubahan pada UU P2SK juga menjadikan kredibilitas dari masing-masing otoritas, seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Lembaga Penjamin Simpanan semakin kuat.

Selain itu kata Ibrahim, Bank Indonesia menilai bahwa kinerja penjualan eceran akan tumbuh positif pada Desember 2022. Hal tersebut tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Desember 2022 sebesar 216,4, atau tumbuh positif 0,04 persen yoy.

Uang kertas rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif. Namun ditutup menguat direntang Rp 15.450-Rp 15.530," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya