Sejarah Pasar Kue Subuh Legendaris Senen yang Bakal Ditutup 10 Februari 2023

Pedagang beraktivitas di Pasar Kue Subuh Senen, Jakarta Pusat, Rabu, 27 Februari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sugiharto Purnama

VIVA Bisnis – Pusat Grosir Senen Jaya mengumumkan akan menutup Pasar Kue Subuh Senen Jaya Blok 5. Penutupan itu akan dilakukan pada 10 Februari 2023.

Aksi Pelemparan Batu Warnai Pembongkaran Pasar Kutabumi Tangerang

Kue Subuh Senen Jaya blok 5 sudah beroperasi selama enam tahun sejak kebakaran yang melanda daerah itu, dan saat ini menjadi pusat kue dan jajanan tradisional di Jakarta. Lantas bagaimana sejarah pasar Kue Subuh Senen Jaya?

Ketua Umum DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengatakan, pasar Kue Subuh sudah ada sejak tahun 1980-an atau tepatnya 1988.

Emak-emak Hadang Alat Berat Tolak Pembongkaran Pasar Kutabumi

"Jadi bermula dari beberapa pedagang yang menjual barang dagangannya, kue dijajakan di pasar. Ini sama seperti beberapa pasar lain yang memiliki pedagang kue sebenarnya," kata Abdullah saat dihubungi VIVA dikutip Jumat, 13 Januari 2023. 

Aktivitas jual beli di Pasar Kue Subuh Senen yang berlokasi di lahan parkir Pasar Senen Blok 4 dan 5, Jakarta Pusat, Rabu, 27 Februari 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sugiharto Purnama
Pasal Tembakau di RPP Kesehatan Dinilai Ancam Pelaku Usaha dan Budaya Indonesia

Menurutnya, pada tahun itu hanya beberapa pedagang saja yang menjual kue di pinggiran parkir pasar Senen. Namun, karena banyaknya pembeli, banyak masyarakat yang ikut berdagang kue di daerah tersebut.

"Bisa dikatakan pasar sebenarnya ini dimulai tahun 90-an karena jumlah pedagang sudah cukup ramai sudah puluhan waktu itu. Dan saya juga menjadi saksi karena sekitar tahun 1999 itu saya cukup aktif membeli dengan jumlah yang besar di pasar itu," ujarnya. 

Abdullah menuturkan, asal muasal nama pasar Kue Subuh karena dominasi pembeli yang datang yaitu pada waktu subuh. Meskipun pasar itu sudah buka sejak malam hari. 

"Kenapa dibilang pasar subuh karena dagangnya mulai malam sampai pagi, tetapi pusat keramaian di subuh. Orang berbondong-bondong datang itu bahkan ribuan orang keluar masuk itu di subuh," jelasnya.

Adapun ramainya orang yang mengunjungi pasar itu tidak hanya didominasi pembeli. Tetapi juga warga sekitar yang ikut mengantarkan barang dagangannya untuk dititipkan ke penjual. 

"Jadi tidak hanya pembeli, penjual juga. Masyarakat rumahan juga bisa menitipkan jualannya di pasar subuh itu. Jadi memang pasar ini menjadi pasar tematik, salah satunya yang terbesar di Jakarta yang mendistribusikan jajanan tradisional, ini tidak hanya di Jakarta tetapi juga Jabodetabek," terangnya.

Sebelumnya, manajemen Pasar Senen Jaya lewat Instagramnya @senenjayaofficial mengumumkan bahwa pasar Kue Subuh Senen Jaya Blok 5 akan ditutup pada 10 Februari 2023.

"Dengan berat hati Minja Mengumumkan bahwa Kue Subuh Senen Jaya blok 5 akan tutup. Terima Kasih kepada seluruh pelanggan setia Kue Subuh Senen Jaya blok 5," tulis akun tersebut. 

Pun, disebutkan bahwa Kue Subuh Senen Jaya blok 5 masih akan buka hingga 9 Februari 2023. Artinya Kue Subuh akan ditutup pada 10 Februari 2023.

"Kami masih akan buka hingga tanggal 9 Februari 2023," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya