Rupiah Menguat ke Rp 15.080 per Dolar AS, Ini Pemicunya

Uang dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Senin pagi, 16 Januari 2023. Terpantau pukul 09.17 WIB rupiah menguat sebesar 68 poin atau 0,83 persen ke posisi Rp 15.080 per dolar AS, dibandingkan penutupan sebelumnya, Rp 15.148 per dolar AS.

Rupiah Melemah, OJK Kasih Tips Emak-emak Kelola Keuangan

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau Jumat sore, rupiah ada di angka Rp 15.177 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures, Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berpeluang menguat hari ini. Hal itu mengikuti momentum pelemahan dolar AS terhadap mata uang lainnya.

Rupiah ke Level Rp 16.242 Per Dolar AS Pagi Ini, Ada Harapan Menguat

"Karena meningkatnya ekspektasi the Fed akan mengendurkan kenaikan suku bunga acuannya tahun ini, akibat data inflasi AS terbaru yang memperlihatkan penurunan," kata Ariston kepada VIVA Senin, 16 Januari 2023.

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Airlangga Tegaskan Tak Hanya Rupiah yang Melemah, Won hingga Bath Juga Ambruk

Ariston melanjutkan, ekspektasi terhadap kebijakan the Fed itu mendorong pelaku pasar untuk masuk kembali ke aset berisiko.

Sementara dari dalam negeri, data trade balance atau neraca perdagangan Indonesia bulan Desember diekspektasikan RI akan kembali mengalami surplus.

"Bisa menopang penguatan rupiah. Surplus perdagangan bisa menambah suplai dolar di tanah air, apalagi ditambah dengan revisi kebijakan DHE (Devisa Hasil Ekspor)," ujarnya.

Adapun potensi penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ada di arah Rp 15.050. Sedangkan potensi resisten ada di kisaran Rp 15.020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya