IHSG Dibayangi Kenaikan Suku Bunga Acuan BI, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA Bisnis – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 15 poin atau 0,23 persen di level 6.835 pada pembukaan perdagangan Jumat, 20 Januari 2023.

IHSG Hari Ini Diprediksi Kembali Menguat Ditopang Fundamental Ekonomi RI

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Chisty Maryani, memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed," kata Chisty dalam riset hariannya, Jumat, 20 Januari 2023.

IHSG Dibuka Menguat tapi Minim Sentimen, Cermati Rekomendasi Saham Hari Ini

Ilustrasi IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Dia menjelaskan, hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) ikut memengaruhi pola pergerakan IHSG. Itu dengan terkait suku bunga acuan (BI 7DRRR) yang kembali naik sebesar 25 bps menjadi 5,75 persen. 

IHSG Dibayangi Tekanan Jelang Rilis Neraca Dagang, Cek Saham-saham Pilihan

Selain itu, BI juga memproyeksikan skenario optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 yang dapat tumbuh di kisaran 4,5-5,3 persen.

"Didorong oleh kuatnya kinerja ekspor dalam negeri, membaiknya konsumsi rumah tangga, serta meningkatnya investasi," ujar Chisty.

Sementara itu, pertumbuhan kredit Indonesia dilaporkan 11,35 persen secara year-on-year (yoy), lebih baik dari periode sebelumnya di November 2022 yang tercatat 11,16 persen (yoy).

"IHSG diprediksi bergerak mixed dalam level 6.741-6.842," ujarnya.

Selain itu, ia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni JPFA, MTEL, MYOR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya