Kementerian PUPR Bangun Dermaga Logistik untuk Tunjang Pembangunan Infrastruktur IKN

Pembangunan jalan lingkar sepaku yang menjadi konektivitas menuju IKN.
Sumber :
  • Dok. PUPR

VIVA Bisnis – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun dermaga logistik dan material di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, untuk menunjang pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara dengan anggaran sekitar Rp99,6 miliar.

Menteri Basuki dan Istri Bakal Pindah ke IKN Juli 2024, Jika...

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara, Ahmad di Penajam, Sabtu, 21 Januari 2023, mengatakan Kementerian PUPR menargetkan pembangunan dermaga logistik dan material di IKN baru selesai pertengahan tahun ini.

"Anggaran pembangunan dermaga sekitar Rp99,6 miliar dan pembangunan ditarget selesai selama enam bulan," katanya.

Antusias Sambut Idul Fitri, Kepala Otorita IKN Takbir Keliling

Pembangunan jalan lingkar sepaku yang menjadi konektivitas menuju IKN.

Photo :
  • Dok. PUPR

Dermaga logistik dan material dibangun Kementerian PUPR sepanjang 160 meter mampu menampung tiga kapal tongkang atau ponton bersandar secara bersamaan.

Penyeberangan Kariangau Terkendali, Pj Gubernur Kaltim: Imbas Dibukanya Tol Samboja

Kawasan dermaga logistik dan material penunjang pembangunan infrastruktur IKN yang berada di Kelurahan Pantai Lango, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, memiliki luas 4,5 hektare.

Lokasi pembangunan dermaga logistik dan material untuk menunjang pembangunan infrastruktur IKN Nusnatara tersebut, tepatnya berada di kawasan Pelabuhan Citra Sabut milik PT ITCI Hutani Manunggal (IHM).

Dermaga logistik dan material penunjang pembangunan infrastruktur IKN itu, kata Ahmad, dibangun di samping Pelabuhan Citra Sabut agar tidak mengganggu aktivitas PT IHM.

Presiden Jokowi dan Menteri di Titik Nol IKN (Foto/Sekretariat Presiden)

Photo :
  • vstory

Lokasinya, kata dia, tidak terlalu jauh dari Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIP) IKN Nusantara di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pemerintah pusat juga bakal membangun bandara VVIP di atas lahan bekas HGU (Hak Guna Usaha) PT Triteknik Kalimantan Abadi (TKA) di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, sarana prasarana penunjang transportasi IKN baru. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya