Cek Kondisi Jalur Pantai Selatan Jawa, Kemenhub Pastikan Bisa untuk Mudik Lebaran 2023

Direktur Lalu Lintas Jalan Kemenhub, Cucu Mulyana.
Direktur Lalu Lintas Jalan Kemenhub, Cucu Mulyana.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya.

VIVA Bisnis – Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan Korlantas Polri, melakukan pengecekan bersama pada jalur pantai selatan Jawa, sebagai bahan evaluasi untuk memutuskan apakah jalur tersebut dapat digunakan sebagai jalur mudik lebaran tahun 2023.

Direktur Lalu Lintas Jalan Kemenhub, Cucu Mulyana memastikan, tim cek jalur pantai selatan Jawa yang melewati Provinsi Banten-Jawa Barat-Jawa Tengah sampai Yogyakarta, telah menyelesaikan tinjauan lapangannya.

"Secara umum, jalur tersebut bisa dilalui untuk mudik lebaran atau pada liburan sekolah serta libur Natal dan tahun baru, meski masih ada beberapa ruas jalan yang harus menjadi perhatian kita bersama," kata Cucu, Minggu 22 Januari 2023.

Jalur Mudik Alternatif Pantai Selatan

Jalur Mudik Alternatif Pantai Selatan

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok

Dengan pelaksanaan cek jalur bersama Korlantas dan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR itu, Cucu mengaku pihaknya semakin tahu kondisi yang sesungguhnya di jalur tersebut.

Dalam satu minggu ke depan, ketiga pihak juga akan bertemu kembali untuk membahas, dan mengevaluasi apa-apa saja yang harus dilakukan, guna membenahi sekaligus mengeluarkan rekomendasi pemanfaatan jalur selatan jawa.

"Karena sesungguhnya perjalanan sambil liburan itu tidak hanya dilakukan pada musim lebaran saja, tapi juga pada waktu liburan sekolah pada bulan Juni dan Juli, serta liburan Natal dan Tahun Baru," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title