Erick Thohir Ungkap Strategi Jitu Jokowi Sukses Tangani Pandemi

Menteri BUMN, Erick Thohir.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Bisnis – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, kebijakan yang diambil Presiden Jokowi terbukti efektif dalam menangani COVID-19, sehingga saat ini Indonesia menurutnya berhasil keluar dari pandemi.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Hal itu diutarakannya dalam acara rilis hasil Survei Nasional Lembaga Survei Indonesia (LSI), bertajuk "Kinerja Presiden, Pencabutan PPKM, Ketersediaan Bahan Pokok dan BBM, serta Peta Politik Terkini".

"Kebijakan Pak Jokowi sejak awal itu gas dan rem, beliau sangat yakin dan mempertahankan itu," kata Erick dalam telekonfrensi, Minggu, 22 Januari 2023.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Presiden Jokowi Secara Mendadak Meninjau Pelaksanaan PPKM Mikro di Jakarta

Photo :
  • Agus Suparto/ Fotografer Presiden

Dia menambahkan, sejak awal Jokowi juga kerap menekankan pentingnya mendapatkan akses vaksin lebih cepat. Kehadiran vaksin pada awal tahun dan juga booster, telah menjadi salah satu kunci keberhasilan Indonesia dalam meredam tingginya kasus COVID-19. 

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

"Sekarang kita sudah punya yang namanya vaksin IndoVac, buatan kita sendiri, jadi tidak impor lagi, belum lagi harga-harga kesehatan yang kita sudah mulai bisa membuat sendiri," ujar Erick.

Erick menyebut, keseriusan Jokowi dalam membangun kemandirian sektor kesehatan dalam negeri, telah berdampak besar dalam peningkatan akses dan layanan kesehatan.

Meski demikian, Erick tetap mengajak masyarakat untuk waspada guna mencegah timbulnya kembaCOVID-19, dengan tetap disiplin menjaga protokol kesehatan.

"Saya sepakat kebijakan memakai masker harus dipertahankan, terutama untuk kendaraan umum atau pun individu-individu yang merasa dia pada kondisi tidak prima," kata Erick.

"Sebaiknya ini menjadi kesadaran kita dalam mendidik masyarakat, agar tetap memakai masker dengan kondisi tertentu," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya