RI-Arab Saudi Komitmen Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan

Mendag RI Zulkifli Hasan bertemu Mendag Arab Saudi Majid bin Abdullah di Al Ula
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Bisnis – Pertemuan bilateral Antara Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan (Zulhas) dengan Menteri Perdagangan Arab Saudi, Majid bin Abdullah Al-Qasabi, membahas peningkatan hubungan dagang kedua negara. Pertemuan berlangsung di Al Ula, Madinah, Arab Saudi. Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar tiga jam itu, masing-masing pihak menegaskan komitmen untuk meningkatkan kerjasama perdagangan. 

Arab Saudi Beri Hukuman Berat Ini Kepada Pelaku Kekerasan Seksual di Makkah dan Madinah

"Sesuai perintah Pangeran MBS, hubungan dagang dengan Indonesia perlu ditingkatkan. Kedekatan Saudi dengan Indonesia adalah modal penting yang harus berimplikasi pada keuntungan ekonomi kedua negara.” Kata Majid bin Abdullah, dalam keterangannya, Minggu 22 Januari 2023.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan bertemu dengan Menteri Perdagangan Arab Saudi, Majid bin Abdullah Al-Qasabi.

Photo :
  • Dok. Kemendag
Arab Saudi Akui Bantu Cegat Serangan Rudal Iran ke Israel, Ternyata Ini Alasannya

Majid mengaku bahwa selama ini kerja sama kedua negara belum maksimal. "Selama ini kami cukup malu kerjasama dengan Indonesia belum maksimal. Akan kami perbaiki ke depan," ujarnya.

Senada dengan pernyataan Majid bin Abdullah, Zulhas juga menegaskan keinginan pemerintah Indonesia untuk semakin memperkuat kerjasama dagang kedua negara. Pada tahun 2022, neraca perdagangan RI-Saudi mencapai USD 7 miliar.  Masih defisit USD 3 miliar. Tetapi jika dikurangi sektor minyak dan gas, neraca perdagangan RI-Saudi surplus USD 1 miliar.

Perang Iran Vs Israel Pecah, Arab Saudi Desak PBB Lakukan Ini

Menurut Zulhas, saat ini komitmen dan harapan pemerintah Indonesia adalah memperkuat aspek ekspor. "Di samping itu, Indonesia juga ingin menjadikan Arab Saudi sebagai salah satu pasar utama produk-produk dari industri dan UMKM Indonesia,"kata Zulhas

Dia mengungkapkan adanya remcana untuk membangun pusat ritel modern di Arab Saudi. "Dengan adanya gerai modern di Arab Saudi, maka upaya pelaku UKM untuk memasarkan produknya akan semakin mudah. Ini tentunya akan mendorong kinerja ekspor nasional," Jelas Mendag. 

Usai pertemuan bilateral di Al Ula, rombongan Mendag Zulhas kembali bertolak ke Jeddah. Minggu malam Mendag yang juga Ketua Umum PAN itu akan menuju Diryah Historal District untuk acara jamuan makan malam dengan Mendag Arab Saudi dan pejabat Kerajaan Arab Saudi lainnya. 

Hari Senin Senin, 23 Januari 2023, Zulhas dan rombongan akan melanjutkan perjalanan ke kantor Saudi Food and Drug Authority (SFDA) di kawasan Al Hittin. Di sana mereka akan menggelar pertemuan dengan Executive President SFDA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya