Heboh Meikarta, Pemerintah Bentuk Skema Penjaminan untuk Konsumen

Herry Trisaputra Zuna.
Herry Trisaputra Zuna.
Sumber :
  • Raden Jihad akbar/VIVA.co.id

VIVA Bisnis – Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan, saat ini Pemerintah akan membentuk skema penjaminan kepada pembeli.

Hal itu dilakukan untuk memberikan kepastian bagi pembeli rumah, dan menghindari polemik seperti yang terjadi di Meikarta. Adapun hal itu diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman Pembentukan Sekretariat Ekosistem Pembiayaan Rumah.

"Ada Meikarta orang beli rumah malah dituntut balik. Nah nanti, dengan skema penjaminan harusnya masyarakat punya kepastian bahwa ketika dia mencicil event rumahnya belum selesai ada kepastian," kata Herry dalam telekonferensi Rabu, 25 Januari 2023.

Ilustrasi bangunan Meikarta

Ilustrasi bangunan Meikarta

Photo :
  • vstory

Dalam hal ini PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) ditunjuk Pemerintah sebagai sekertariat pembiayaan perumahan.

Seperti diketahui polemik proyek Meikarta terus berlanjut hingga saat ini, sabab konsumen Meikarta menuntut pengembalian uang karena tak kunjung mendapatkan unit apartemen. Bahkan, baru-baru ini konsumen digugat oleh pengembang Meikarta, PT Mahkota Sentosa Utama (MSU).

Sebanyak 18 orang konsumen Meikarta yang tergabung dalam Komunitas Peduli Konsumen Meikarta (KPKM) Selasa, 24 Januari menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Barat (PN Jakbar).

Halaman Selanjutnya
img_title