AP I Catat Pergerakan Kargo Tertinggi di Bandara Sentani Jayapura pada 2022

Bandara Sentani di Papua.
Sumber :
  • Dok. Angkasa Pura I

VIVA Bisnis – PT Angkasa Pura I (AP I) mencatat sebanyak 134.240 ton pergerakan kargo di Bandara Sentani Jayapura sepanjang tahun 2022. Ini menjadi capaian pergerakan kargo tertinggi.

Berasa Idol, Rezky Aditya Terekam Kamera Dispatch Saat Jalan di Bandara Incheon

Direktur Utama AP I, Faik Fahmi mengatakan, capaian tahun 2022 itu meningkat 19,7 persen dibandingkan periode 2021 yang mencapai 112.153 ton kargo, 

"Dengan tujuan utama kargo ke Bandara Wamena," katanya, Jumat, 27 Januari 2023.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi

Photo :
  • Maha Liarosh/VIVA.

Faik menambahkan, pergerakan kargo di Bandara Sentani Jayapura itu menyumbang 28,9 persen atau hampir sepertiga dari total kargo AP I yang mencapai 464.327 ton di sepanjang 2022.

Terbang Pakai ATR Resmikan Bandara Pohuwato, Jokowi Minta Runway-nya Dipanjangin Lagi

Angka itu disusul oleh Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sebanyak 82.660 ton atau 17,8 persen, dan Bandara Juanda Surabaya sebanyak 68.413 ton atau 14,7 persen dibandingkan total kargo sepanjang 2022.

Faik menjelaskan, Bandara Sentani Jayapura merupakan entry point sekaligus bandara hub bagi distribusi kargo, untuk wilayah Timur Indonesia. Sehingga, barang-barang yang dikirim melalui perlintasan udara terpusat di bandara tersebut, dan membuat AP I berupaya untuk terus meningkatkan layanannya di bandara itu.

"Pada awal Januari 2023, kami resmi menjadi pengelola Terminal Kargo dan Pos Bandara Sentani Jayapura, demi meningkatkan standar layanan kargo di bandara," ujarnya. 

Faik mengatakan, pengelolaan Terminal Kargo dan Pos Bandara Sentani Jayapura yang resmi dimulai pada 3 Januari 2023, merupakan tantangan sekaligus peluang bagi Angkasa Pura I.

Melalui pengelolaan langsung oleh bandara diharapkan akan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan pertumbuhan perekonomian wilayah Timur Indonesia, khususnya Papua. 

"Kami berharap, upaya untuk mengelola terminal kargo di Bandara Sentani Jayapura dapat terefleksi pada peningkatan revenue perusahaan, dan dapat meningkatkan service level serta investasi di wilayah Timur Indonesia, terutama di Papua," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya