Kinerja BTN Dapat Pengakuan di Kawasan ASEAN Gegara Ini

Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

VIVA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) melaporkan pencapaian kinerjanya dalam kurun waktu empat tahun terakhir, yang disebut-sebut menunjukkan perbaikan yang sangat optimal.

Dapat Restu Pemegang Saham, OCBC Targetkan Akuisisi Bank Commonwealth Rampung Kuartal II-2024

Direktur Utama BTN, Haru Koesmahargyo menjelaskan, hal itu dibuktikan bahwa dalam kurun waktu tersebut, laba BTN tumbuh 27,52 persen secara year on year (yoy).

"Seiring pertumbuhan kredit dan dana pihak ketiga (DPK) yang tumbuh 8 persen (yoy), CASA tumbuh 4,22 persen (yoy), dan non performing loan (NPL) mengalami perbaikan dengan mengalami penurunan 0,33 persen (yoy)," kata Haru dalam Peluncuran Roadmap Pasar Modal Indonesia 2023-2027 & Pemberian apresiasi Hasil Penilaian ASEAN Corporate Governance Scorecard, Selasa, 31 Januari 2023.

Bank Muamalat Siapkan Rp736 Miliar Penuhi Kebutuhan Uang Tunai Nasabah Periode Lebaran 2024

Direktur Utama BTN, Haru Koesmahargyo.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Haru menegaskan, capaian-capaian itu berhasil diraih pihaknya, dengan mengimplementasikan prinsip Good Corporate Governance (GCG) dan Environmental, Social, and corporate Governance (ESG). Karenanya, Bank BTN sebagai pelaku bisnis sangat mengharapkan peran regulator dan pemerintah, dalam mendukung penerapan GCG dan ESG tersebut.

Sukses ! Perusahaan Anak Bank Mandiri Dorong Pertumbuhan Bisnis dan Perluas Kolaborasi

Antara lain yakni dengan pemberian insentif rating Tata Kelola yang lebih baik kepada perusahan-perusahaan yang telah menerapkan GCG dan ESG. Serta, menciptakan peraturan perundang-undangan yang dapat menunjang iklim usaha yang sehat, efisien dan transparan.

"Juga melaksanakan peraturan perundang-undangan dan penegakan hukum secara konsisten (consistent law enforcement)," ujarnya.

Terlebih, dengan adanya sejumlah capaian tersebut, BTN pun berhasil meraih penghargaan Indonesia Top 3 Public Listed Companies (PLCs) dan ASEAN Asset Class PLCs, dalam ajang Apresiasi Hasil Penilaian ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS) Tahun 2021.

"Penghargaan ini membuktikan implementasi GCG Bank BTN telah mendapatkan pengakuan tidak saja di dalam negeri, tetapi juga di ASEAN," kata Haru.

Dirut BTN Haru Koesmahargyo.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

Haru mengungkapkan, apresiasi ini akan menjadi pemicu semangat seluruh insan BTN, untuk berkinerja lebih baik lagi di masa yang akan datang. BTN ditegaskan Haru, akan terus berupaya menjaga kepercayaan yang diberikan oleh seluruh stakeholder.

"Dengan melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik, berlandaskan pada prinsip-prinsip prudential banking and good corporate governance secara berkesinambungan," ujarnya.

Diketahui, dalam ajang ACGS sebelumnya, Bank BTN memperoleh penghargaan Most Improved (tahun 2015, Top 50 ASEAN PLC’s dan Top 3 Indonesia PLC’s, (tahun 2017) dan Top 3 PLC’s dan 10 Perusahaan tercatat sebagai ASEAN Asset Class (2019).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya