F1H2O Dibiayai 7 Sponsor, Menko Luhut Pede Dongkrak Perekonomian Kawasan Danau Toba

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA Bisnis – Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung yakni PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, menandatangani nota kesepahaman dengan tujuh sponsor yang bakal mendukung perhelatan event F1H2O (F1 Power Boat) di Balige, Danau Toba, Sumatera Utara pada 25-26 Februari 2023.

Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024

Ketujuh sponsor tersebut yakni PT Mayora Indah selaku sponsor utama, PT Parna Raya, Wilmar, AstraAgro, Sinarmas, Musim Mas, dan Asosiasi Semen Indonesia, yang bakal menjadi sponsor pada event bernama 'Kopiko F1 PowerBoat Lake Toba' tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kehadiran para sponsor di acara F1H2O ini sangat penting, untuk turut membantu mempromosikan event tersebut sekaligus potensi pariwisata Danau Toba sebagai salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).

Mendagri Tito Karnavian: RUU DKJ Wujud Upayakan Jakarta Jadi Kota Kelas Dunia

"Jadi adanya sponsor ini sangat penting karena dapat membawa Indonesia menjadi negara hebat yang mampu membangun ekonominya bersama-sama, termasuk ekonomi masyarakat lokal di sana, melalui penyelenggaraan event ini," kata Luhut dalam konferensi pers di kantornya, Kamis, 2 Februari 2023.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B Panjaitan

Photo :
  • YouTube RGTV channel ID
Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Mengenai persiapan dari penyelenggaraan F1H2O yang bakal digelar pada 25-26 Februari 2023 mendatang itu, Luhut memastikan bahwa progresnya sudah menunjukkan banyak kemajuan dalam hal persiapannya. "Kemarin saya ke dermaganya, itu sudah hampir selesai, tinggal beberapa lagi," ujar Luhut.

Dia berharap, event F1H2O atau F1 Power Boat ini nantinya akan mampu menandingi penyelenggaraan G20 dan MotoGP, yang memberikan efek positif dalam perkembangan ekonomi Indonesia khususnya bagi masyarakat di sekitar lokasi acara tersebut.

"Harapannya event ini akan turut mempromosikan dan membuktikan bahwa Indonesia ini bisa (menyelenggarakan event-event internasional)," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Dony Oskaria. Dia memastikan, event F1H2O ini memang bukan untuk mencari keuntungan bagi InJourney, melainkan memberikan manfaat semaksimal mungkin bagi masyarakat dan pariwisata Danau Toba.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

"Jadi jangan dipikir kita membuat event ini untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya, tapi yang kita hitung adalah seberapa besar manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal," kata Dony.

"Jadi nanti penonton itu akan ada (penginapan) di tempat masyarakat lokal, semua UMKM-nya dikelola oleh masyarakat lokal, kemudian EO-nya kita melibatkan kurang lebih 500 masyarakat yang akan terlibat di dalamnya, baik itu opening atau closing ceremony, maupun sebagai bagian daripada EO kita," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya