Gerai Transmart Berguguran, Kekayaan Chairul Tanjung Turun?

Chairul Tanjung
Sumber :

VIVA Bisnis – Kabar kurang sedap akhir-akhir ini kerap datang dari lingkaran bisnis seorang Chairul Tanjung (CT), yang merupakan bos PT Trans Retail Indonesia sebagai induk pengelola jaringan retail Transmart.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Sebab, banyak dugaan yang menyebut bahwa saat ini gurita bisnisnya tengah bermasalah, menyusul berita-berita soal maraknya penutupan sejumlah gerai Transmart.

Bahkan, ada pula yang menyebut bahwa dugaan terkait masalah di dalam pengelolaan bisnis Transmart itu, nyatanya sampai memengaruhi pundi-pundi kekayaan seorang Chairul Tanjung sehingga mengalami penurunan. Benarkah demikian?

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

Dikutip dari laman real-time billionaires list Forbes pada Senin, 6 Februari 2023, total kekayaan Chairul Tanjung tercatat mencapai sebesar US$5,3 miliar atau setara Rp 79,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.000 per dolar AS).

Berdasarkan laporan real time net worth per tanggal 5 Februari 2023 yang juga disajikan di laman tersebut, kekayaan Chairul Tanjung diketahui anjlok hingga US$4 juta (setara Rp 60 miliar) atau sekitar 0,08 persen. Namun, posisinya dalam Forbes Lists masih menempati #6 dalam Indonesia's 50 Richest (2022) dan #263 dan Billionaires (2022).

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Chairul Tanjung.

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Diketahui, dalam beberapa waktu terakhir sebanyak tujuh gerai Transmart telah ditutup secara permanen. Pihak manajemen sendiri menyebut jika langkah itu dilakukan sebagai langkah efisiensi. Sehingga, saat ini Transmart tercatat masih memiliki 95 gerai hipermarket lainnya, yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Ketujuh gerai Transmart yang ditutup permanen itu antara lain yakni gerai Transmart di Mangga Dua Square (Jakarta Utara), Transmart ITC Kuningan, Transmart ITC Permata Hijau, Transmart Mal Ambasador (Jakarta Selatan), Transmart ITC Cempaka Mas (Jakarta Pusat), Transmart Tamini Square (Jakarta Timur), dan Transmart Kepri Mall (Batam).

Gerai Transmart.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Sementara, Chairul Tanjung sendiri selama ini dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses Indonesia, yang memiliki berbagai gurita bisnis di berbagai bidang. Selain dikenal sebagai pendiri dan pemilik Transmart, Chairul Tanjung juga merupakan salah satu pemegang saham utama CT Corp dan Bank Mega.

Tak hanya itu, jejaring bisnis yang juga dikendalikan oleh Chairul Tanjung (CT) juga mencakup CT Global Resources, hingga kepemilikan sebagian saham PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya