RI Memasuki Tahun Politik, Menko Airlangga: Vitamin Baru Pemulihan Ekonomi

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA Bisnis – Sejumlah masyarakat mengkhawatirkan perekonomian nasional di tengah krisis dunia akibat perang dan menjelang tahun politik 2024. Situasi ini dikhawatirkan akan berdampak kepada kepastian investor dalam berinvestasi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, meyakini, masuknya Indonesia pada tahun politik justru akan menjadi vitamin baru bagi pemulihan ekonomi nasional.

"Pemilu itu proses lima tahunan yang bukan baru pertama kali kita hadapi, ini sudah pasca-reformasi mungkin sudah hampir mendekati lima kali. Selama pemilu ini selalu berjalan dengan baik karena dengan demokrasi, dan tidak ada pernah hal yang luar biasa Pemilu di Indonesia pasca reformasi," ujar Airlangga dalam konferensi pers Senin, 6 Februari 2023.

Jangan Sampai Terjerat Pinjol, Ini Tips Kelola Keuangan Lebih Cerdas

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Photo :
  • Dok. VIVA

Ternyata Ada Deretan negara Sekutu Iran yang Bentuknya Bukan Negara

Airlangga mengatakan, fundamental Indonesia saat ini ada dalam kondisi yang baik dan kuat, sehingga bisa menangani pandemi hingga tekanan ekonomi.
Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 


Hal itu menurutnya berbanding terbalik dengan negara lainnya, yang mana ekonomi berhadapan dengan peperangan, krisis pangan dan energi. Bahkan beberapa negara saat ini masuk ke dalam pasien International Monetary Fund (IMF).

"Nah indonesia seluruh fundamentalnya kuat. Jadi dengan kepastian ini justru tahun politik ini menjadi vitamin baru untuk pemulihan ekonomi di tahun 2023, dan kita lepas dari ketergantungan dari berbagai tekanan," jelasnya.

Airlangga melanjutkan, pada tahun politik ini juga, belanja politik dipastikan akan mendorong daya beli masyarakat. "Belanja politik akan mendorong daya beli masyarakat. Justru mesinnya akan bergerak di kuartal IV," tambahnya.
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

Pengamat politik mengatakan kehadiran Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar ke KPU saat penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menunjukkan kedewasaan politik.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024