Gempa Turki Picu Kebakaran, Raksasa Kontainer Maersk Terapkan Rencana Darurat

Kontainer di pelabuhan kota Iskenderun, Turki, terbakar akibat gempa
Sumber :
  • Serdar Ozsoy/Depo Photos via AP

VIVA Bisnis – Perusahaan kontainer terbesar dunia, A P Moller-Maersk terkena dampak kebakaran besar yang terjadi di pelabuhan kargo Turki, Iskenderun. Kebakaran itu dipicu oleh gempa yang mengguncang Turki, dan mengakibatkan Maersk tidak menerima pemesanan baru melalui pelabuhan tersebut.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Saat ini pelabuhan Iskenderun masih tutup beroperasi setelah gempa mematikan melanda wilayah tersebut, yang mana menewaskan ribuan penduduk di Turki dan Suriah. Hingga memicu kebakaran besar di tumpukan kontainer pengiriman yang runtuh karena guncangan gempa.

Melansir DC Velocity, perusahaan mengatakan saat ini sedang mengembangkan rencana darurat yang melibatkan hub terdekat dan kapal pengumpan tambahan. Itu dilakukan untuk meminimalkan dampak keseluruhan pada pelanggan dan rantai pasokan.

Alasan Kejaksaan Agung Izinkan 5 Smelter Timah Tetap Beroperasi Meski Disita

Maersk

Photo :
  • Chandra G Asmara / VIVA.co.id

“Pelabuhan Iskenderun tetap ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut, karena tim berupaya memperbaiki kerusakan signifikan yang disebabkan oleh bencana dan kebakaran berikutnya. Kami saat ini tidak dapat mengatakan dengan tepat berapa lama operasi akan dihentikan di pelabuhan, tetapi kami akan terus memberitahu pelanggan tentang perkembangan terbaru sesegera mungkin,” kata Maersk dalam rilisnya dikutip Rabu, 8 Februari 2023.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Selain itu, gempa dengan kekuatan 7,8 skala richter juga memblokir akses truk ke pelabuhan. Sebab terjadi kerusakan signifikan pada logistik dan infrastruktur transportasi di sekitar pusat gempa.

“Mengingat situasi di Iskenderun, kami perlu melakukan perubahan tujuan untuk semua pemesanan yang menuju pelabuhan atau sudah di atas air. Kami saat ini berencana untuk mengalihkan peti kemas ke hub terdekat dalam kelayakan operasional atau menahan di pelabuhan transhipment, termasuk Pelabuhan Mersin dan Pelabuhan Said," jelasnya.

Sementara itu, raksasa kargo Prancis CMA CGM juga mengalihkan kargo dari pelabuhan Iskenderun. Perusahaan akan mengirimkan pengiriman ke pelabuhan Mersin, Turki.

Sebelumnya diberitakan, Ratusan kontainer kargo terbakar selama dua hari, pada Selasa, 7 Februari 2023, di pelabuhan selatan Turki yang dilanda gempa berkekuatan 7,8 skala richter.Gambar tersebut ditunjukkan oleh TV lokal di negara tersebut.

Kontainer di pelabuhan kota Iskenderun, Turki, terbakar akibat gempa

Photo :
  • AP Photo/Hussein Malla

Kobaran api di pelabuhan internasional Iskenderun telah berkobar sejak pukul 17:00, pada Senin, 6 Februari 2023, ketika salah satu kontainernya terguling akibat gempa susulan yang cukup kuat.

Gambar yang disiarkan oleh saluran berita NTV menunjukkan kepulan asap hitam tebal mengepul dari kontainer. Sementara itu, video lainnya menunjukkan upaya yang gagal untuk memadamkan api tersebut pada Senin malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya