Jokowi Siapkan Rp150 M Bikin Creative Hub Untuk Milenial Aceh

Presiden Jokowi bertemu dengan milenial di Aceh
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Bisnis – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan sejumlah anak muda Aceh di Gedung Pertemuan PT Pupuk Iskandar Muda, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, pada hari Jumat, 10 Februari 2023. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi berdiskusi mengenai peluang di berbagai bidang pekerjaan.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Jokowi mengaku menyanggupi aspirasi anak-anak muda Aceh yang minta dibangunkan pusat kreatif atau creative hub di wilayah mereka. Bersama anak-anak muda, Jokowi membicarakan juga kesempatan kerja dan peluang di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, hingga industri kreatif.

"Saya kira banyak hal kami bicarakan tadi, tetapi tadi mereka meminta untuk dibuatkan rumah kreatif di Aceh dan saya sanggupi. Akan kita bangun nanti creative hub di Banda Aceh yang besar, mungkin senilai Rp150-an miliar, gede," kata Jokowi dalam keterangan pers seperti dipantau pada kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden di Jakarta, Jumat.

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Ilustrasi industri kreatif.

Photo :
  • Pixabay

Jokowi menjelaskan pemenuhan permintaan pembangunan creative hub tersebut untuk menampung berbagai aktivitas industri kreatif di Aceh.

Tips Sukses dari Konten Kreator Abibayu, Always On dan Inovasi Kreatif

"Sehingga, urusan mungkin membuat animasi, content creator, mungkin juga fintech (teknologi keuangan), dan lain-lai; semuanya akan dikerjakan di situ dan industri kreatif lainnya," tambahnya.

Creative hub merupakan fasilitas, baik berupa fisik maupun virtual, yang menjadi wadah bagi para pelaku wirausaha industri kreatif dan budaya. Lebih lanjut, Jokowi menyempatkan waktu bertemu dengan anak-anak muda Aceh di sela-sela kunjungan kerjanya ke Serambi Mekah itu demi membangun optimisme kaum uda.

"Ya, optimisme. Jangan kita pesimis. Kita ingin membangun optimisme," tegasnya.

Pertemuan tersebut dilakukan Jokowi usai melakoni serangkaian jadwal kegiatan dalam kunjungan kerjanya ke Aceh. Jumat pagi, Jokowi sempat meresmikan pabrik pupuk nitrogen, phospor, dan kalium (NPK) PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) di Aceh Utara.

Jokowi resmikan Pabrik Baru Pupuk Iskandar Muda.

Photo :
  • Dokumentasi PT PP.

Jokowi juga menghadiri penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR), peluncuran kartu tani digital pupuk bersubdisi di Aceh Utara, serta meninjau Pasar Batuphat Timur di Lhokseumawe.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam rangkaian kunjungan kerjanya tersebut adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, serta Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya