Sony Subrata Ungkap IKN Nusantara Bisa Jadi Role Model Ibu Kota di Negara Lain

Desain Sekretariat Presiden di IKN Nusantara.
Sumber :
  • Dokumentasi Waskita Karya.

VIVA Bisnis – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara juga banyak menuai banyak kritikan selain dukungan.  Hal itu dinilai wajar, sebab pembangunan IKN yang berlangsung saat ini merupakan terobosan besar, khususnya dalam upaya kelestarian lingkungan dengan menerapkan konsep peradaban baru di Indonesia.

MK Tolak Gugatan Sengketa Pemilu 2024, Manko Airlangga: Pilpres Sudah Selesai

Pakar komunikasi publik Sony Subrata menilai, pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan sejalan dengan upaya untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan merata. Yaitu, dengan memindahkan pusat gravitasi ekonomi ke luar pulau Jawa.

"Dengan mendorong kelestarian lingkungan dan menerapkan peradaban baru, IKN ini akan menjadi penggerak ekonomi Indonesia dan menjadi role model bukan saja bagi kota lain di Indonesia tetapi juga sebagai contoh untuk kota lain di berbagai belahan dunia," ujar Sony Subrata dikutip dari keterangannya, Minggu, 12 Februari 2023.

Bos Indodax Ungkap Langkah Krusial agar Cuan Kelola Aset Kripto

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Photo :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

Sony menjelaskan, terakselerasinya pengembangan IKN Nusantara saat ini tidak terlepas dari peran Otoritas IKN  yang dipimpin oleh Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe selaku Kepala dan Wakil Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN). Keduanya dinilai tepat di posisi tersebut karena saling melengkapi.

RI Sudah Impor 567,22 Ribu Ton Beras Maret 2024, Naik 921,51 Persen

"Mereka juga membangun struktur organisasi dan sistem kerja yang inovatif sambil terus menjaga transparansi dan kepatuhan. Saya yakin IKN akan sukses di tangan dingin tandem dua figur pemimpin ini," lanjutnya.

Saat ini, sejumlah investor dari perusahaan-perusahaan di Saudi, Uni Emirat Arab, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia sudah menyatakan ketertarikan untuk berinvestasi di IKN. Beberapa perusahan dari negara-negara Eropa seperti Switzerland, Belanda, dan negara-negara Skandinavia juga tertarik berinvestasi.

Sonu Subrata dan Bambang Susantono.

Photo :
  • Istimewa.

Berbagai perusahaan konsultan global pun sudah menyatakan niatnya untuk mendukung upaya Pemerintah Indonesia melalui OIKN, termasuk dari McKinsey, BCG, Kearney, EY, Deloitte, PwC, KPMG dan lainnya.

Sebagai informasi, Sony Subrata adalah salah satu tim komunikasi yang ikut membantu dan mendukung Jokowi saat mengikuti Pilkada DKI Jakarta tahun 2012, Pilpres tahun 2014 dan Pilpres tahun 2019 yang lalu.

"Presiden Jokowi adalah pemimpin yang tepat dalam mewujudkan IKN. Terbukti dengan kemampuannya mengatasi pandemi COVID-19 secara global dan nasional, dengan segala tantangannya. Beliau juga tidak diragukan lagi komitmennya dan keberhasilannya dalam membangun infrastruktur berskala raksasa,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya