Pantau Implementasi RUEN, Dewan Energi Nasional Luncurkan Platform SPEND

Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN), Djoko Siswanto
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA Bisnis – Dewan Energi Nasional (DEN) resmi meluncurkan, Sistem Perencanaan dan Pemantauan Energi Nasional dan Daerah (SPEND). Platform ini untuk membantu para pemangku kepentingan atau stakeholder nasional dan daerah dalam melakukan perencanaan energi dan memantau perkembangannya.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Sekretaris Jenderal DEN, Djoko Siswanto mengatakan, peluncuran SPEND juga merupakan wujud dari arahan Menteri ESDM terkait kebijakan energi nasional.

"SPEND bertujuan membantu stakeholder di level nasional dan daerah dalam melakukan perencanaan energi, serta memantau perkembangan implementasi RUEN (Rencana Umum Energi Nasional) provinsi," ujar Djoko dalam Launching dan Workshop Platform Online SPEND, Selasa, 14 Februari 2023.

Kasus Korupsi Timah, Kejagung Periksa Pegawai Kementerian ESDM

Ilustrasi energi terbarukan.

Photo :
  • Inhabitat

Djoko menjelaskan, SPEND sendiri merupakan wadah penyediaan data-data energi yang mana dilakukan melalui kerja sama dengan Kementerian ESDM dan Pemerintah Provinsi melalui dinas energi provinsi.

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

"Alhamdulillah saat ini sudah banyak provinsi yang lebih target dari RUEN itu tersendiri yang 23 persen di 2025 ada beberapa provinsi yang telah melebihi 23 persen," ujarnya.

Melalui platform SPEND itu juga katanya, akan mempermudah daerah dalam melakukan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan matriks pada program RUEN.

"Membantu daerah dalam menyediakan data yang bukan merupakan kewenangannya, menyampaikan kendala-kendala dan permasalahan energi yang dihadapi di daerah. Serta dapat menampilkan profil energi daerah secara online maupun digital kepada pimpinan di daerah," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya