18 Tahun Beroperasi, Penyaluran Pembiayaan Perumahan BTN Syariah Capai Rp 28,9 Triliun

BTN Syariah.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN Syariah.

VIVA Bisnis – Unit Usaha Syariah Bank Tabungan Negara (UUS BTN) atau BTN Syariah melaporkan, selama 18 tahun eksistensinya mereka telah menyalurkan pembiayaan perumahan hingga lebih dari 318.000 unit rumah.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Direktur Utama Bank BTN, Haru Koesmahargyo menambahkan, pembiayaan perumahan yang telah disalurkan BTN Syariah selama 18 tahun itu totalnya telah mencapai sekitar Rp 28,9 triliun.

"Di mana lebih dari Rp 19 triliun untuk pembiayaan perumahan subsidi, dan lebih dari Rp 9,9 triliun untuk pembiayaan perumahan non-subsidi," kata Haru dalam keterangannya, Selasa, 14 Februari 2023.

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

Dia menambahkan, seluruh insan BTN Syariah juga harus terus meningkatkan kompetensi mereka, dan senantiasa berbenah diri untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian dan keuangan syariah didalam ekosistem perekonomian syariah.

BTN Syariah.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.
Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

Sementara itu, Direktur Consumer Bank BTN, Hirwandi Gafar mengatakan, jejak langkah Bank BTN Syariah selama 18 tahun itu tidak lepas dari dukungan pemerintah. Terutama melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, BP Tapera, dan pengembang, serta masyarakat Indonesia yang mempercayakan kebutuhan finansial-nya kepada BTN Syariah.

"BTN Syariah hadir memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mengakses produk perbankan yang berbasis prinsip syariah, dan mengembangkan produk tabungan maupun pembiayaan sesuai dengan tujuan nasabah,” kata Hirwandi.

Dia juga mengucapkan apresiasinya kepada satu juta nasabah, dan sekitar 250.000 nasabah pembiayaan yang setia bersama BTN Syariah. "Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan produk yang lebih inovatif," ujar Hirwandi.

Dirut BTN Haru Koesmahargyo.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

Inovasi yang dilakukan BTN Syariah menurut Hirwandi telah berkembang dari sisi pembiayaan. Misalnya dengan mengintegrasikan sistem host-to-host dengan Kementerian PUPR dan BP Tapera sebagai pengelola program. Kemudian, meracik produk pembiayaan bagi generasi milenial, yaitu KPR HITS yang memudahkan para milenial untuk dapat memiliki rumah dengan jangka waktu yang panjang sampai dengan 30 tahun dan angsuran yang fleksibel.

"Nasabah juga diberikan kemudahan dalam memilih rumah dan melakukan pengajuan KPR secara online, melalui web portal BTN Property. Calon nasabah dimungkinkan untuk dapat mengetahui informasi perumahan yang diidamkan dan kemudahan pengajuan KPR, serta layanan proses persetujuan KPR BTN iB yang cepat dan mudah bagi calon nasabah melalui program One Day Approval," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya