Garuda Indonesia Turunkan Usulan Biaya Pesawat Jemaah Haji 2023

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.
Sumber :
  • Dok. Garuda Indonesia

VIVA – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menurunkan usulan biaya penerbangan jemaah haji Indonesia pada 2023 dari Rp33,44 juta menjadi Rp32,74 juta.

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Dalam rapat bersama Komisi VIII, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) RI Hilman Latief mengatakan biaya penerbangan itu adalah kesepakatan antara pihaknya dan Garuda Indonesia.

“Kami masukkan agar tidak lagi berubah, adalah Rp32.743.992, pertemuan tadi malam. Kecuali ada penurunan lagi. Itu dari asalnya Rp33,9 juta kemudian turun Rp500.000, kedua Rp500.000, ketiga Rp212.000,” kata Hilman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa malam, 14 Februari 2023.

Abu Vulkanik Gunung Ruang Ganggu Penerbangan, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

Sementara itu, Dirut Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menuturkan, pihaknya meminta pengertian dan pemahaman dari Komisi VIII DPR. 

Irfan mengaku Garuda sudah berulang kali menyampaikan kepada Kemenag bahwa ada tiga hal yang akan dihadapi dengan biaya penerbangan tersebut.

Israel Serang Iran, Semua Penerbangan ke Teheran Ditangguhkan

Garuda Indonesia.

Photo :
  • Dok. Garuda Indonesia

“Ada tiga isu besar yang kita hadapi dengan angka-angka ini dan seperti tahun-tahun sebelumnya, kami ambil sedikit risiko dalam penghitungan ini,” kata Irfan.

Isu pertama yakni harga avtur Per 14 Februari 2023, berada di kisaran US$97 sen per liter. Asumsi yang dipakai adalah US$93 sen per liter kaarena ada kemungkinan penurunan dari sisi avtur.

Kedua, berdasarkan kesepakatan bersama dengan Kemenag dan BPKH, Garuda Indonesia memakai asumsi kurs Rp15.150. Dan ketiga, lanjut Irfan, Garuda menggunakan harga sewa pesawat yang sama dengan 2019, walau saat harga sewa pesawat naik menjadi 30 persen.

“Jadi mohon pengertian, kami memang akan hanya mengambil 2,5 persen margin. Ada risiko di kami, tetapi kami akan coba manage secara maksimal mengenai avtur, harga sewa pesawat, maupun exchange rate sehingga bila diminta turun lagi, sudah Rp212.000-an, angka mana lagi, Pak,” kata Irfan.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra

Photo :
  • MCH 2022

Sedangkan soal direct cost atau biaya langsung, Garuda Indonesia mematok di angka Rp29 jutaan, dan nondirect cost sudah diturunkan di bawah Rp2 jutaan. 

Selain harga penerbangan, Komisi VIII menilai masih ada lagi komponen biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) 2023, di antaranya mengenai fasilitas yang musti diefisiensi dan disepakati bersama. Karena itu, rapat panja Haji ini bakal dilanjutkan lagi pada Rabu, 15 Februari 2023. Sehingga malam ini pemerintah belum dapat mengumumkan biaya haji 2023. Namun secara psikologis, jumlah terakhir yang diperbincangan pihak Pemerintah dan Komisi VIII dalam rapat, di bawah Rp 50 Juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya