F1H2O Balige Bakal Bikin Danau Toba Sejajar dengan Monako dan Abu Dhabi

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo.
Sumber :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

VIVA Bisnis – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meyakini bahwa penyelenggaraan F1H2O (F1 Power Boat), yang bakal digelar oleh InJourney di Balige, Danau Toba, Sumatera Utara pada 25-26 Februari 2023 mendatang, akan semakin mengangkat nama Danau Toba hingga makin dikenal sebagai salah satu destinasi pariwisata kelas dunia.

Potret Shandy Aulia Pakai Kerudung di Abu Dhabi, Jadi Mualaf?

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko mengatakan, Balige sendiri menurutnya bakal naik kelas hingga sejajar dengan Monako dan Abu Dhabi, yang sebelumnya juga sempat menjadi tuan rumah F1 Powerboat tersebut.

"Jadi event yang biasanya ada di tempat-tempat yang kelasnya seperti di Monako atau Abu Dhabi, sekarang ada di Balige," kata Tiko saat ditemui di Sarinah, Thamrin, Jakarta, Selasa, 14 Februari 2023.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Karenanya, Tiko berharap bahwa Danau Toba khususnya Balige, bisa menjadi seterkenal Monaco dan Abu Dhabi sehingga kunjungan wisatawan ke depannya akan semakin ramai. "Semoga ini benar-benar bisa meningkatkan awareness dan kunjungan wisatawan ke Sumatera Utara, khususnya Danau Toba dan Samosir," ujar Tiko.

Danau Toba

Photo :
  • VIVAnews/Uga Andriansyah
Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Dia mengatakan, pemerintah sangat ingin membuat Indonesia tidak hanya dikenal dengan wisata Pulau Bali saja. Apalagi, wisata Indonesia itu menurut pandangan sebagian turis dunia, justru masih kalah dengan negara-negara tetangga lainnya di Asia Tenggara.

"Kita saat masa pre-COVID-19, di Asia Tenggara saja kita masih nomor 5 (sebagai destinasi favorit wisatawan mancanegara). Maka harapannya nanti pasca COVID-19 dan ke depannya, kita minimal bisa nomor 2 lah," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, optimisme serupa juga diutarakan oleh Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono. Dia mengungkapkan, animo masyarakat yang ingin menonton penyelenggaraan F1H2O itu sangat tinggi, yang terlihat dari penjualan tiket secara online.

Dengan tiket yang sudah sold out atau habis pada tanggal 7 Februari 2023 lalu, hal itu setidaknya menunjukkan tingginya animo masyarakat lokal dan wisatawan mancanegara, untuk mengunjungi Danau Toba khususnya Balige. Karenanya, Maya memastikan bahwa InJourney akan membuka kembali penjualan tiket secara offline.

"Kami juga akan kembali membuka penjualan tiket pada tanggal 15 Februari 2023, untuk spot menonton yang berlokasi di Bukit Pahoda dengan view-nya yang sangat indah. Tiket ini dapat dibeli secara offline di Balige dengan harga Rp 50.000," ujar Maya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya