Laba Bank Danamon 2022 Naik 110 Persen, Penyaluran Kredit Meroket

Gedung Bank Danamon
Sumber :
  • Bank Danamon

VIVA – PT Bank Danamon Indonesia Tbk pada 2022 mencetak laba bersih sebesar Rp 3,3 triliun atau naik 110 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan itu disebabkan oleh pendapatan bunga bersih dan penurunan pembiayaan cost of credit.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Direktur Keuangan PT Bank Danamon Indonesia Muljono Tjandra mengatakan, total kredit Bank Danamon pada 2022 juga menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah dengan capaian sebesar Rp 146,7 triliun atau tumbuh 12 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Di tahun 2022 Bank Danamon berhasil mencatat laba bersih konsolidasi setelah pajak Rp 3,3 triliun. Ini merupakan kenaikan 110 persen dibandingkan tahun sebelumnya," ujar Muljono dalam konferensi pers Rabu, 15 Februari 2023.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Bank Danamon

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Muljono menuturkan, untuk net interest margin juga Danamon naik 30 basis poin (bps) dibandingkan tahun sebelumnya. Dan rasio cost kredit sebesar 200 bps atau membaik dibandingkan tahun sebelumnya, menjadi 2,4 persen.

Unilever Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 1,4 Triliun Kuartal I-2024

Muljono menjelaskan, pertumbuhan positif itu didukung oleh kredit perbankan komersial dan kredit konsumer yang tumbuh 18 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Adanya pertumbuhan tersebut karena turut didukung oleh kolaborasi yang berkesinambungan dan energi dan pendekatan segmen kami," jelasnya.

Selain itu, anak usaha Bank Danamon yaitu, Adira Finance juga mencatatkan kenaikan pembiayaan sebesar 10 persen. Dalam hal ini pertumbuhan pembiayaan baru mencapai 22 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya