Cuma Rp 10 Ribu/Bulan, Fasilitas Rusun Bagi Eks Gelandangan di Bekasi Enggak Murahan

Rusun Sentra Terpadu Pangudi Luhur di Bekasi, Jawa Barat, bagi eks gelandangan
Sumber :
  • FB Sentra Terpadu Pangudi Luhur

VIVA Bisnis – Menteri Sosial Tri Rismaharini meresmikan Rumah Susun Sentra Terpadu Pangudi Luhur di Bekasi, Jawa Barat, untuk kelompok rentan, Jumat pekan lalu. Rusun sebanyak 93 unit dengan fasilitas lengkap di rumah susun tersebut siap dihuni para penerima manfaat.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

"Kita upayakan rumah susun ini bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayah sini. Banyak yang tinggal di kolong jembatan tanpa data kependudukan dan mereka juga tak pernah dapat bantuan,” ujar Mensos Risma dalam keterangan tertulis dikutip Kamis, 16 Februari 2023.

Menurut Risma, sebagai bagian dari proses rehabilitasi dan pemberdayaan sosial bagi kelompok rentan, tidak hanya dibangunkan hunian yang layak, tetapi kebutuhan-kebutuhan dasar lain juga diberikan kepada kelompok rentan.

PDIP Akui Nominasikan Risma di Pilkada DKI tapi Bukan Satu-satunya Kandidat

Mensos Risma meresmikan rusun bagi eks gelandangan di Pangudi Luhur Bekasi

Photo :
  • Kemensos

"Mereka pindah ke sini, kita siapkan pekerjaan dan pelatihannya, kita fasilitasi pendidikan anak-anaknya dan kita beri akses bantuan-bantuan lain dari pemerintah," ujar  Mensos.

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024

Oleh karena itu, Mensos menegaskan bahwa kepemilikan rumah susun ini tidak boleh dipindahtangankan. "Jangan dipindahtangankan, ya, Pak/Bu. Jika dilakukan, terpaksa saya keluarkan baik penghuni lama maupun baru. Harus bersih. Ketika pulang memulung ditaruh sana (tempat pengolahan sampah) baru ke sini," tegasnya

Sementara itu, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mengatakan bahwa pembangunan rumah susun ini merupakan kerjasama yang baik untuk mengatasi kemiskinan ekstrem.

Bayar Sewa Rp 10 Ribu per Bulan

"Terima kasih kepada Kemensos. Ini merupakan kolaborasi luar biasa untuk memberikan hunian yang layak bagi kelompok masyarakat khususnya yang berada di desil satu dan dua. Sebagai pelaksanaan Inpres No. 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem tentunya hal ini membutuhkan kolaborasi dan peran berbagai pihak," kata Iwan yang turut hadir dalam acara peresmian.

Rusun Sentra Terpadu Pangudi Luhur di Bekasi, Jawa Barat, bagi eks gelandangan

Photo :
  • Kemensos

Pembangunan Rumah Susun Sentra Terpadu Pangudi Luhur menyasar kepada pemenuhan kebutuhan dasar para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) akan tempat tinggal yang layak. Para PPKS yang terdiri dari 13 penyandang disabilitas, 17 lansia, dan 55 kelompok rentan lainnya. Mereka dikenakan uang sewa Rp 10.000/bulan untuk tinggal di rumah susun tersebut.

Rusun ini menyediakan 93 kamar tipe 24 meter persegi yang sudah dilengkapi dengan dipan susun, kasur, lemari pakaian, meja, kursi, kitchen set, toilet duduk, shower, dan listrik token 1300 watt.

Selain itu, di rumah susun juga difasilitasi penunjang, di antaranya kios penjualan sembako, kios makanan kecil, laundry, ruang klinik, ruang perpustakaan, lahan bercocok tanam, ruang serbaguna, ruang pengelola dan juga CCTV.

Lebih lanjut, para penerima manfaat ini juga akan dibekali dengan berbagai macam pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan sehingga kelak mereka bisa mandiri. Nantinya mereka akan kembali ke masyarakat dengan bekal yang cukup.

Rusun Sentra Terpadu Pangudi Luhur di Bekasi, Jawa Barat, bagi eks gelandangan

Photo :
  • Kemensos

Salah satu penerima manfaat Sri Sukowati (50) mengungkapkan kegembiraannya bisa pindah ke rumah susun tersebut. Sehari-hari, ia dan suami, Soebagyo (60) bekerja sebagai pemulung dengan penghasilan Rp10.000 – Rp12.000.

"Senang bisa pindah karena bersih dan baru. Bersyukur sudah ada barang-barang. Saya tidak punya kasur begitu, yang ada ranjang besinya," kata Wati.

Wati berharap dengan tinggal di rumah susun ia dan keluarga bisa hidup lebih layak. Ia juga berharap taraf ekonominya semakin meningkat agar dapat memberikan pendidikan lebih baik kepada kedua putranya.

"Pengen jualan nasi uduk lagi. Dulu pernah jualan tapi bangkrut. Saya kan bisa masak macam-macam. Semoga saya bisa jualan lagi kaya warteg. Anak-anak saya pun bisa sekolah lebih tinggi," tegas Wati

Hingga kini, Kementerian Sosial dan Kementerian PUPR telah membangun 3 rumah susun yaitu Rumah Susun di Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi, Rumah Susun di Sentra Mulya Jaya Pasar Rebo, dan Rumah Susun di Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Solo yang saat ini masih dalam tahap pembangunan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya