Survei BI: Harga Rumah Terus Meningkat

Ilustrasi perumahan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bisnis – Bank Indonesia (BI) melaporkan hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) yang mengindikasikan bahwa harga properti residensial atau harga rumah di pasar primer secara tahunan terus meningkat.

Neraca Perdagangan RI pada Maret 2024 Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi Indonesia

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menjelaskan, Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) kuartal IV-2022 tercatat meningkat sebesar 2,00 persen secara year-on-year (yoy). "Lebih tinggi dibandingkan dengan 1,94 persen (yoy) pada kuartal sebelumnya," kata Erwin dalam keterangannya, Jumat, 17 Februari 2023.

Penjualan Tumbuh Melambat

Fakta, Produk Tembakau yang Dipanaskan Minim Digunakan Remaja di Negara-Negara Maju

Ilustrasi proyek perumahan.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Dia menambahkan, hasil survei tersebut juga mengindikasikan bahwa penjualan properti residensial di pasar primer pada kuartal IV-2022 tumbuh melambat. Penjualan properti residensial tumbuh sebesar 4,54 persen (yoy) pada kuartal IV-2022, lebih rendah dari 13,58 persen(yoy) pada kuartal III-2022.

Kinerja Industri Pengolahan RI Kuartal I-2024 Moncer, BI: Ada di Fase Ekspansi

"Hasil survei juga menunjukkan bahwa pembiayaan non-perbankan masih menjadi sumber pembiayaan utama untuk pembangunan properti residensial," ujar Erwin.

KPR Masih Jadi Pilihan Utama Pembeli

Ilustrasi KPR

Photo :
  • Rumahku.com

Kemudian, lanjut Erwin, pada kuartal IV-2022, sebesar 72,51 persen dari total kebutuhan modal pembangunan proyek perumahan, berasal dari dana internal.

"Dari sisi konsumen, fasilitas KPR (Kredit Pemilikan Rumah) masih menjadi pilihan utama dalam pembelian properti residensial, dengan pangsa sebesar 75,03 persen dari total pembiayaan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya